Home » , » RAHASIA MEMILIKI UMUR PANJANG ADALAH BUGIL DAN TERSENYUM

RAHASIA MEMILIKI UMUR PANJANG ADALAH BUGIL DAN TERSENYUM

Written By Ratiz On on Senin, 14 April 2014 | 21.12

Kesehatan - Bisa lebih lama menikmati hidup dengan anak dan cucu menjadi impian hampir semua orang. Untuk memiliki umur yang panjang dan senantiasa sehat, sebenarnya bisa didapat dengan memulai langkah kecil, bugil dan tersenyum misalnya. Kedua hal tersebut rupanya memberikan efek besar bagi kesehatan tubuh.


Menurut ahli kanker ternama, Dr David Argus, memiliki umur yang panjang dan sehat dapat diperoleh dari perubahan-perubahan kecil yang secara dramatis dapat meningkatkan umur panjang Anda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut rahasia untuk memiliki umur yang panjang.

1. Bercermin Sambil Bugil
Mungkin sebagian dari Anda jarang atau bahkan tidak pernah melakukan hal ini. Cobalah perhatikan baik-baik seluruh tubuh Anda ketika sedang bugil di depan cermin. Lihat pada bagian depan dan belakang tubuh apakah terdapat bentuk atau tanda-tanda kanker kulit yang bisa menyerang Anda tanpa disadari. Sesekali coba ambil dalam bentuk visual baik foto atau video diri sendiri termasuk rambut, kuku dan bagian-bagian dalam mulut untuk mengetahui jika ada perubahan yang muncul dalam tubuh Anda.

2. Menghindari Scanner Di Bandara
Mungkin sebagian dari kita tidak tahu apa yang dilakukan alat scanner pada tubuh untuk jangka panjang. Beberapa penelitian sedang mencoba membuktikan scanner bisa membahayakan tubuh. Jadi alangkah baiknya, jika kita menghindari scanner untuk mencegah efek buruk pada kesehatan.

3. Menggunakan Sepatu Yang Nyaman
Banyak orang memaksakan diri untuk terlihat cantik tanpa mempedulikan dampak yang akan timbul pada tubuh. Tahukah Anda, sering menggunakan sepatu terlalu kecil, terlalu tinggi atau kurang nyaman saat digunakan dapat menyebabkan peradangan pada kaki, yang berdampak pada seluruh sistem dalam tubuh Anda. Peradangan telah dikaitkan dengan beberapa penyakit degeneratif, diantaranya jantung, alzheimer, kanker, diabetes dan penuaan dini. Untuk itu mulailah gunakan sepatu yang nyaman di kaki agar terhindar dari peradangan yang dapat menyerang tubuh Anda.

4. Mengonsumsi Kopi Atau Teh
Meskipun para peneliti telah memaparkan bahaya mengonsumsi kafein yang dapat menimbulkan penyakit jantung, hipertensi, osteoporosis dan kanker. Penelitian tersebut justru membuktikan sebaliknya, mengonsumsi kopi atau teh di pagi hari dapat memberikan manfaat yang positif pada kesehatann tubuh Anda.

5. Makan Tepat Waktu
Salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres pada tubuh adalah dengan mempertahankan rutinitas keseharian Anda selama satu tahun. Salah satunya dengan memberikan asupan makan pada tubuh tepat waktu. Contoh, pada saat tubuh Anda tidak diberi makan siang yang diharapkan pada siang hari. Selain merasa lapar, Anda akan mengalami lonjakan hormon stres kortisol yang dapat membentuk lemak dan mengurangi energi dalam tubuh. Jadi, jika Anda tidak makan saat tubuh Anda memberikan sinyal untuk diberi makan, hal tersebut akan menggagalkan usaha Anda untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan yang ideal.

6. Vaksinasi Influenza
Banyak orang berfikir mengimunisasi tubuh dengan vaksinasi influenza dapat memberikan efek samping, seperti menyebabkan flu atau bahkan mengandung toksin yang beracun. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa dengan memberikan vaksin influenza, justru dapat mengalahkan beberapa penyakit yang ada di dalam tubuh, seperti menjauhkan diri dari resiko terserang obesitas, jantung, stroke dan kanker.

7. Berdiri
Sering duduk diyakini dapat memicu terserang obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kematian di usia dini. Sedangkan berdiri dapat memberikan dampak yang positif. Beberapa survei membuktikan, sering berdiri dengan beraktifitas berjalan kaki atau menaiki tangga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Banyak orang merasa puas hanya dengan menggerakan diri satu jam sebelum atau setelah satu harian duduk di meja kerjanya. Faktanya, dua jam untuk melatih diri dengan berolahraga atau beraktifitas, tidak akan memberikan kompensasi untuk menghabiskan 22 jam waktu Anda duduk atau berbaring di tempat tidur.

8. Berhenti Kebiasaan Membungkuk
Selain terlepas dari masalah leher dan punggung, kebiasaan membungkuk juga dapat memicu peradangan sendi, sirkulasi darah yang buruk, nyeri otot, sesak napas, gangguan pencernaan, sembelit, kekakuan sendi, masalah neurologis dan beberapa fungsi fisik yang akan berdampak buruk secara umum. Mulai saat ini cobalah untuk melatih tubuh dan membiasakan diri untuk berpostur tegap agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan. Salah satu latihan olahraga tubuh seperti pilates dapat membantu Anda memiliki postur tubuh yang tidak bungkuk lagi.

9. Mengonsumsi Aspirin
Banyak studi penelitian telah membenarkan bahwa penggunaan aspirin tidak hanya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, tetapi bisa menangkal berbagai macam penyakit melalui kekuatan anti inflamasi. Sebuah aspirin dosis rendah (75 miligram) setiap hari dapat mengurangi risiko pengembangan kanker ganas umum di paru-paru, usus besar dan prostat. Tapi sebelum mengkonsumsi secara rutin, cobalah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda dan tanyakan apakah ada efek samping dalam jangka panjang seperti pendarahan di perut.

10. Tersenyum> Tersenyum akan meningkatkan suasana hati Anda. Dengan tersenyum akan memicu pelepasan rasa sakit yang membunuh endorfin otak senang dan seratonin, yang berpengaruh pada tingkat stres menjadi menurun.

11. Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Perlu Anda ketahui buah-buahan yang dibeli di supermarket tanpa disadari kandungan nutrisi di dalamnya sudah sedikit berkurang, berbeda pada saat buah tersebut pertama kali dipetik. Dalam satu tahun tentu tubuh kita dapat megakses cukup banyak jenis makanan dengan gizi yang tak sedikit. Oleh karena itu, cobalah pandai-pandai memilih buah dan sayuran yang masih segar, sehingga nutrisi dan gizi yang dikandung dapat diserap tubuh secara optimal.

12. Hindari Suplemen Vitamin
Penelitian yang dilakukan pada hampir seribu orang dalam beberapa dekade terakhir ini telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin berkorelasi dengan peningkatan risiko penyakit serius seperti kanker. Selain itu, dengan mengkonsumsi suplemen vitamin tidak memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan. Terlalu sering konsumsi suplemen dapat menciptakan radikal bebas yang bisa menyerang sel buruk termasuk kanker. Jika Anda tetap mengkonsumsi suplemen vitamin secara berlebih terutama yang mengandung antioksidan, kemampuan alami tubuh Anda akan mengontrol diri Anda dengan sendirinya.

13. Mengurus Anak
Memiliki anak dan membesarkannya memaksa kita untuk tetap aktif dalam beraktifitas bahkan menguji mental. Jika Anda memiliki anak dan mengurusnya sendiri dapat membuat panjang umur, dibanding rekan-rekan Anda yang tidak memiliki atau mengurus anak.