Home » , » KOPI BISA CEGAH KANKER PAYUDARA?

KOPI BISA CEGAH KANKER PAYUDARA?

Written By Ratiz On on Rabu, 21 Agustus 2013 | 23.49

Minuman kopi sudah sangat lumrah dikeseharian kita. Namun kopi cenderung lebih sering dijamah kaum pria. Kopi selalu terhidang ketika berkumpul dengan kolega, atau sekedar ngobrol santai.

Lalu bagaimana dengan Ladies? Gemar minum kopi juga?

Ada satu informasi menarik nih. Ternyata minum kopi dapat menurunkan risiko kanker payudara kembali menjangkiti. Seperti yang diberitakan lunduniversity.lu.se, kopi bisa menurunkan risiko kambuhnya kanker payudara.


Sebuah penelitian tentang ini juga sudah dilakukan oleh Lund University di Sweden. Hasilnya, kopi terbukti efektif untuk penderita yang mengkonsumsi Tamoxifen. Ada yang tahu tentang Tamoxifen?

Ya, Tamoxifen adalah satu jenis obat terapi hormon yang sangat umum diberikan setelah operasi kanker payudara. Obat ini berguna untuk menurunkan risiko tumbuhnya tumor lagi setelah terjangkiti kanker. Nah, apa hubungannya dengan kopi?

Ternyata, penderita yang rutin minum Tamoxifen dan sekaligus 2 atau 3 kopi setiap hari, kemungkinannya berkurang 50% untuk menderita kanker payudara kembali. Wah, kopi sangat bermanfaat dong ya!

Melalui lunduniversity.lu.se, Maria Simonsson menyatakan bahwa timnya saat ini sedang berusaha untuk membuktikan fakta ini. Teorinya yaitu bahwa kopi dapat mengaktifkan Tamoxifen dan membuatnya bekerja lebih baik di dalam tubuh.

Yuk, jangan anti lagi sama kopi, kecuali memang Ladies punya penyakit maagh. Namun, tetap perhatikan frekuensinya ya, jangan terlalu sering. Bisa-bisa malah berbahaya.