Home » » MENGEDIPKAN MATA DAN YANG DILARANG SAAT TRAVELING

MENGEDIPKAN MATA DAN YANG DILARANG SAAT TRAVELING

Written By Ratiz On on Senin, 03 Desember 2012 | 22.22


Saat traveling ke berbagai negara, Anda akan berbaur dengan warga lokal di sana. Ingat, mereka punya norma atau aturan tersendiri. Selain mengedipkan mata, inilah 16 hal yang dilarang saat traveling mengelilingi dunia.

Minimnya pemahaman bahasa dan ketidaktahuan akan beberapa peraturan atau budaya di negeri orang, tentu bisa menjadi kendala saat traveling. Jangan sampai perjalanan Anda yang seharusnya bisa menyenangkan, malah terjebak dengan peraturan yang berlaku di tempat Anda berlibur seperti berikut ini:

1. Menanyakan pekerjaan 
Jika Anda traveling ke Argentina, jangan pernah untuk menanyakan pekerjaan mereka. Bagi masyarakat Argentina, bertanya pekerjaan adalah hal yang tidak sopan, seperti yang detikTravel kutip dari News Australia, Senin (3/11/2012). Biarkan mereka yang memberitahukannya kepada Anda, jangan sampai Anda bertanya terlebih dahulu.

2. Bersin dengan sapu tangan 
Lain di Argentina, lain lagi aturan yang ada di Jepang. Di Negeri Sakura ini, Anda tidak boleh bersin dengan sapu tangan. Saat bersin, masyarakat Jepang lebih memilih menggunakan tisu atau langsung membuang ingus mereka. Jadi, jika Anda bersin dengan sapu tangan dan membawanya ke mana-mana, itu adalah hal yang sangat menjijikan bagi mereka.

3. Memberikan bunga 
Memberikan bunga untuk hadiah ternyata juga ada aturannya. Bunga yang Anda anggap bagus, belum tentu menarik atau bahkan bisa menyinggung perasaan orang di berbagai negara. Jangan memberikan bunga Carnations atau bunga yang biasa dipakai pada acara pernikahan kepada orang di Jerman, Polandia, dan Swedia. Sebab di tiga negara tersebut, bunga Carnations biasa digunakan untuk acara pemakaman. Lain lagi di Belgia, Italia, Prancis, Spanyol, dan Turki. Di lima negara tersebut Anda tidak boleh memberikan bunga Chrysanthemums atau yang biasa dikenal dengan nama bunga seruni. Kalau di China, semua bunga bisa saja Anda berikan, asal jumlahnya tidak ganjil. Warga China menganggap, jumlah bunga yang ganjil bisa menjauhkan mereka dari hoki.

4. Berjabat tangan dengan sarung tangan 
Saat traveling ke Eropa dan bertemu seseorang di sana, Anda akan dianggap tidak sopan jika berjabat tangan dengan sarung tangan. Anda wajib melepas sarung tangan jika ingin bersalaman di sana, walaupun saat udara dingin.

5. Meminta tagihan setelah makan 
Jika Anda selesai makan di restoran di Spanyol dan ingin membayarnya, mintalah tagihan kepada pelayan secara langsung. Karena di sana, pelayan akan merasa sangat tidak sopan jika langsung memberikan tagihan tanpa Anda minta.

6. Perhatikan mata lawan bicara 
Jika ingin bertanya atau berbincang dengan warga di Skandinavia dan Jerman, Anda wajib menatap matanya. Jika tidak, mereka pasti akan sangat marah karena merasa tidak dihargai.

7. Memegang kepala 
Di Thailand, Anda dilarang memagang kepala warganya. Di sana, kepala adalah salah satu hal yang dianggap suci.

8. Mengacungkan jempol 
Mengacungkan jempol ternyata tidak selamanya menunjukkan hal yang positif. Di Iran, acungan jempol menandakan sesuatu yang kasar.

9. Bekata 'tidak, terima kasih' 
Di India, jika Anda ditawarkan sesuatu makanan dan ingin menolaknya, sebaiknya jangan mengatakan 'tidak, terima kasih'. Mungkin di berbagai negara, hal tersebut dinilai sangat sopan. Tapi di India, ungkapan tersebut bisa dinilai sebagai bentuk penghinaan.

10. Menunjuk menggunakan kaki 
Bagi sebagian masyarakat di negara Asia, kaki adalah bagian tubuh yang paling kotor. Maka menjadi sesuatu yang tidak sopan jika Anda menunjuk sesuatu dengan menggunakan kaki, walaupun yang Anda tunjuk berada di bawah.

11. Gunakan tangan kanan saat makan 
Beberapa negara di Afrika dan India punya keyakinan yang sama. Di sana, tangan kiri dianggap sebagai yang paling kotor. Jadi saat makan, Anda wajib menggunakan tangan kanan saja.

12. Cara bertukar kartu nama 
Di Jepang, bertukar kartu nama pun ada aturannya. Anda wajib memegangnya dengan kedua tangan lalu membacanya dengan cermat. Jangan pernah langsung memasukkannya ke dalam saku, karena hal tersebut bisa menyinggung perasaan orang yang Anda minta kartu namanya.

13. Memberikan apapun yang berasal dari sapi 
Mungkin, India adalah negara yang punya banyak aturan tak tertulis. Di negara ini, Anda jangan memberikan apa pun yang berasal dari sapi, seperti suvenir dari kulit sapi dan yang lainnya. Sebab di sana, sapi adalah hewan yang paling suci.

14. Berhentikan taksi dengan telapak tangan 
Saat jalan-jalan ke Yunani dan Anda ingin memanggil taksi, ternyata tidak sembarangan. Jika biasanya taksi akan berhenti saat Anda mengacungkan jari telunjuk, makan di Yunani Anda harus membuka telapak tangan lebar-lebar dan memanggilnya. Jika tidak, tak akan ada taksi yang berhenti.

15. Memanggil tuan rumah sebagai 'hostess' 
Di Filipina, jika Anda diundang ke sebuah acara di rumah, jangan pernah memanggil si pemilik rumah dengan sebutan 'tuan rumah' atau 'hostess'. Mungkin Anda tidak bermaksud kasar, tapi di sana hostess adalah pelacur.

16. Mengedipkan mata 
Anda benar-benar harus berhati-hati jika traveling ke India. Di sana, Anda dilarang mengedipkan mata kepada siapaun, kecuali Anda punya maksud seksual kepadanya.

sumber