Home » » 7 KEBIASAAN YANG BISA MEMBUAT ANDA TERLIHAT TUA

7 KEBIASAAN YANG BISA MEMBUAT ANDA TERLIHAT TUA

Written By Ratiz On on Selasa, 18 Desember 2012 | 19.23

1.Menatap layar terlalu lama


Apakah Anda termasuk orang yang suka berlama-lama menonton televisi, bermain video game atau bekerja di depan komputer? Hati-hati, beberapa hal ini memiliki dampak buruk pada penglihatan (mata Anda lebih juling saat meilihat ke layar komputer), berat badan (terlalu banyak duduk tidak membakar kalori) dan otak (perlu adanya stimulasi aktif pada otak untuk menghindari degenerasi). Oleh karena itu, batasi jumlah pemakaian komputer atau televisi sekarang juga, Anda pun akan segera melihat perbedaannya.

2.Sering makan manis


Makanan manis bisa membuat berat tubuh bertambah, gigi lemah, bahkan kulit kusam dan berkeriput. Proses yang terjadi adalah glycation, yaitu ketika gula dalam darah merusak kolagen dan elastin yang fungsi awalnya menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Saat kedua hal itu rusak, kulit jadi mudah berkeriput dan kendur. Penuaan kulit umumnya mulai terlihat pada usia 35-an dan meningkat terus sesudahnya, seperti yang dilaporkan oleh British Journal of Dermatology. Saran: Jangan menjauh dari gula mendadak dan langsung, tetapi kurangi secara perlahan, tak lebih dari 10 persen dari asupan kalori per hari. Awasi pula gula yang datang dari makanan yang sudah diproses, seperti saus salad. Gula datang dalam berbagai nama pada makanan proses, seperti barley malt, corn syrup, dextrose, fruit juice concentrate, maltose, maple syrup, molasses, dan turbinado.

3.Suara terlalu keras


Kemampuan pendengaran akan berkurang seiring waktu, penyebabnya bisa jadi karena telinga mendapat eksposur suara yang sangat kencang setiap hari, seperti pemutar musik yang didengarkan setiap hari dengan volume sangat kencang atau hair dryer. Saran: Jika memang ingin mendengarkan musik, pastikan suaranya cukup rendah. Gunakan earphone yang bisa meredam suara lingkungan agar Anda tak perlu memasang volume sangat kencang. Saat berada di lingkungan yang bersuara kencang, seperti penggiling kopi atau mesin potong rumput, coba gunakan penutup telinga.

4.Sering mendengarkan musik melalui pemutar musik portable


Kemajuan teknologi memungkikan Anda mendengarkan musik dimanapun. Namun, tahukan Anda mendengarkan musik dengan headset terlalu sering bisa mengakibatkan kerusakan pada kualitas pendengaran. Tidak ada satu hal pun yang membuat Anda merasa lebih tua daripada menyadari bahwa pendengaran Anda sudah lagi tidak maksimal. Sebaiknya batasi pemakaian headset dan jaga volume musik pada tingkat yang nyaman dan aman.

5.Makan terlalu banyak


Makan terlalu banyak tentu saja menimbulkan dampak negatif terhadap tubuh, hal ini juga berlaku saat memakan buah dan sayuran terlalu banyak. Tidak hanya menambah berat tubuh saja, Anda bisa terkena risiko awal penyakit jantung dan diabetes. Sebaiknya perhatikan asupan kalori dan lemak dalam tubuh. Jika berolahraga bukanlah pilihan Anda, tips ini bisa menjadi pilihan agar tubuh tetap langsing.

6. Stress


Stres memiliki dampak negatif terhadap semua aspek kesehatan tubuh. Mulai dari efisiensi detak jantung hingga bagaimana otak Anda bereaksi terhadap situasi tertentu. Cara menghindari stres adalah dengan berani berkata tidak. Sebagian besar stres yang dialami berasal dari ketidakmampuan Anda mengambil keputusan. Muka yang murung dan kusam saat stres membuat Anda tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

7.Kurangnya frekuensi bercinta


Berhubungan badan yang memuaskan dengan pasangan bisa mendorong mood, sekaligus bagus untuk kesehatan. Riset menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kehidupan seks yang aktif memiliki imun tubuh yang kuat, jarang sakit, mampu melawan kanker, jantung yang lebih sehat, dan stres berkurang. Serunya lagi, seks memuaskan yang rutin bisa membuat seseorang terlihat menarik. Sarannya, mulailah berinisiasi untuk berhubungan seks dengan si dia.

sumber