Home » » TANPA MUHAMMADIYAH, SIDANG ISBAT DIIKUTI 34 ORMAS ISLAM

TANPA MUHAMMADIYAH, SIDANG ISBAT DIIKUTI 34 ORMAS ISLAM

Written By Ratiz On on Rabu, 07 Agustus 2013 | 18.20


Jakarta - Sore ini akan ditentukan awal syawal yang menjadi penanda Hari Raya Idul Fitri 1434 H melalui sidang isbat. Kementerian Agama mengundang 35 ormas Islam termasuk Muhammadiyah untuk mengikuti sidang.

Sidang isbat akan dimulai pukul 18.30 WIB. Untuk tahun ini sebelum sidang dimulai, diadakan sarasehan ahli astronomi perwakilan dari beberapa Ormas.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, sarasehan para astronom dilakukan untuk menyamakan teori, pandangan, dan metode agar tidak lagi timbul perbedaan dalam penentuan awal bulan puasa dan awal syawal.

"Kita berharap ada persamaan persepsi, pemikiran dan teori dengan demikian perbedaan kedepan bisa kita hindari," ujar Suryadharma dalam sambutannya di Auditoirum Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta, Rabu (7/8/2013).

Saat ini acara sarasehan telah dimulai. Beberapa ahli astronomi perwakilan Ormas tengah memaparkan pandanganya. Para perwakilan ormas yang diundang sudah datang.

Kemarin (6/8) Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin memastikan tidak akan menghadiri sidang isbat. Ormas Islam terbesar kedua di Indonesia ini sudah menetapkan Lebaran jatuh pada tanggal 8 Agustus melalui penghitungan hisab.

"Terus terang Muhammadiyah tidak akan hadiri sidang isbat," kata Din. [DETIKNEWS]