Home » , » 4 TIPS HINDARI PERTENGKARAN SUAMI ISTRI SAAT MUDIK

4 TIPS HINDARI PERTENGKARAN SUAMI ISTRI SAAT MUDIK

Written By Ratiz On on Rabu, 07 Agustus 2013 | 17.34


Lebaran hampir tiba dan waktunya pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga besar. Namun bagi banyak pasangan, mudik justru bisa memulai pertengkaran suami-istri. untuk menghindari masalah-masalah yang bisa terjadi ketika pulang kampung, lihat dulu beberapa tips yang dirangkum dari The Sun berikut ini:

1. Tentukan Pulang Ke Kampung Halaman Siapa
Kebanyakan pertengkaran suami istri disebabkan karena tekanan keluarga masing-masing untuk pulang ke kampung halaman. Sebelum mudik, bicarakan dari jauh-jauh hari dan putuskan terlebih dahulu kemana Anda dan keluarga akan pergi. Apakah kampung halaman suami atau ke tempat Anda. Berikan pula alasan logis kenapa lebaran tahun ini harus dihabiskan di sana. Jika kesepakatan sudah didapat, hubungin orang tua masing-masing jika Anda atau pasangan tidak bisa menghabiskan hari raya di tempat mereka.

2. Biaya yang Dikeluarkan
Saat hari raya dan berkumpul dengan keluarga besar, tanpa sadar Anda mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting seperti bermain atau belanja. Belum lagi persiapan uang untuk keponakan-keponakan yang masih kecil. Banyaknya pengeluaran tak terduga tersebut dapat memicu pertengkaran sepulangnya Anda kerumah. Untuk itu, lebih baik Anda memperkirakan pengeluaran, siapkan bujet dan jangan mengeluarkan lebih banyak lagi dari uang yang ada di dompet Anda. Hindari menggunakan kartu kredit atau pergi ke mesin ATM agar Anda tetap pada bujet Anda.

3. Hubungan dengan Keluarga Pasangan
Tidak bisa dipungkiri masuk ke dalam keluarga pasangan adalah hal yang tidak mudah. Beberapa hari dikediaman keluarga besarnya, akan terasa sangat lama jika Anda tidak pintar mengambil hati keluarga. Untuk memulai hubungan baik, Anda bisa mencoba membuka percakapan dengan bahasan ringan kepada anggota keluarganya. Jika Anda dalam situasi di mana mertua berselisih paham dengan Anda, lebih baik mengalah dan setuju dengan pendapatnya untuk menghindari suasana yang tidak enak selama Anda berkunjung. Hindari asik sendiri dengan handphone atau gadget Anda yang lainnya untuk memberi kesan menghormati keluarga suami.

4. Waktu Berdua dengan Pasangan
Ketika sedang kumpul keluarga, waktu Anda dan suami akan tersita dengan rangkaian acara yang telah disiapkan. Apalagi jika anak tidak mau jauh-jauh dari Anda. Untuk itu, ajak anak untuk bermain dengan para sepupunya dan berikan anak-anak kesibukan dengan aktifitas permainan yang seru. Sehingga ketika malam hari, Anda dan suami mempunyai waktu berdua tanpa gangguan. [wolipop]