Home » » MAKANAN INI BISA SEMBUHKAN RADANG SELAPUT OTAK

MAKANAN INI BISA SEMBUHKAN RADANG SELAPUT OTAK

Written By Ratiz On on Kamis, 21 Februari 2013 | 21.23

Penyakit radang selaput otak mendadak jadi topik hangat pembicaraan sebagian orang, setelah tersiar kabar istri penyanyi Anang Hermansyah, Ashanty, menderita penyakit mematikan itu.

Memang meningitis bukan penyakit yang bisa dianggap sepele. Selain menimbulkan kecacatan, jika telat ditangani kematian pun datang.

 

Selain vaksinasi sebagai penangkal. pengobatan melalui terapi dan antibiotik, beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi banyak kandungan Omega 3 bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada selaput otak.

Dilansir berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan yang bisa mengurangi peradangan pada selaput otak. 

Ikan kaya omega 3 
Menurut University of Maryland Medical Center, makanan tinggi Omega 3 asam lemak dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh meningitis serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lemak tak jenuh ganda penting untuk fungsi otak serta mengurangi peradangan. Ikan seperti tuna, atau salmon adalah sumber yang efektif dari asam lemak esensial.

Makanan kaya vitamin C
Makanan yang tinggi vitamin C dapat melindungi Anda terhadap komplikasi serius jika Anda mengalami meningitis bakteri. Sifat antioksidan vitamin C membantu melawan radikal bebas yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikaitkan dengan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan dapat membantu dalam mengobati meningitis bakteri.

Yoghurt 
Yoghurt yang mengandung probiotik dapat meningkatkan kesulitan pencernaan yang sering dikaitkan dengan meningitis. Probiotik dalam suplemen atau makanan dengan bakteri sehat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi meningitis. Probiotik mengandung strain bakteri sehat yang secara alami hadir di dalam perut Anda. Selain yoghurt, makanan lain yang sering mengandung probiotik termasuk susu dan keju.

sumber: inilah.com