Home » » WOW!! TAMAN INI PUNYA TOILET MEWAH SEHARGA RP 20 MILIAR

WOW!! TAMAN INI PUNYA TOILET MEWAH SEHARGA RP 20 MILIAR

Written By Ratiz On on Kamis, 24 Januari 2013 | 22.44

Suasana toilet umum di taman kota yang kotor sepertinya tak akan Anda rasakan di Elmhurst Park. Sebab taman yang berada di Kota New York, AS ini punya toilet megah seharga Ro 20 miliar.


Berjalan-jalan di taman kota bersama keluarga atau pasangan sepertinya menjadi aktivitas menyenangkan di sela-sela kegiatan di kota besar. Namun, kadang fasilitas taman sering terlihat terabaikan begitu saja dan membuat orang enggan untuk berkunjung ke taman.


Tapi, hal itu berbeda dengan yang ada di Elmhurst Park, New York, AS. Sebuah taman yang dulunya sebagai lokasi penyimpanan gas ini terlihat sangat nyaman. Betapa tidak, taman kota ini dikelola dengan sangat baik. Saking terawatnya, bahkan toilet umum di sini dibuat sangat mewah. Tak tanggung-tanggung, toilet umum ini telah menghabiskan dana sebesar US$ 2,3 juta atau sekitar Rp 20 miliar lebih!


Kehadiran taman dengan toilet megah ini sudah dinanti-nanti warga New York, AS. Betapa tidak, sebuah taman yang nyaman dengan fasilitas super mewah terbilang jarang dimiliki kota lain di AS.


Di dalam toilet tersebut, terdapat puluhan ruangan. Pengunjung tak perlu antre lama untuk bisa menggunakannya. Bahkan, Elmhurst Park juga punya beberapa toilet khusus yang dapat diakses oleh kaum difabel.


Tak hanya warganya, wisatawan yang kebetulan sedang traveling di New York juga pasti mencari-cari lokasi taman ini. Suasananya tenang dan asri. Pohon dengan daunnya yang hijau tumbuh subur di berbagai titik di taman ini. Saat sore hari, bukit-bukit kecil di Elmhurst Park terlihat ramai oleh tawa anak-anak yang sedang bermain.

Ada juga banyak bangku taman yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai. Tak ketinggalan pula jalan setapak yang bisa Anda gunakan untuk mengeliilingi taman seluas 5 km persegi ini. Selain toilet yang mewah, Elmhurst Park ternyata punya teknologi khusus.

Agar air tidak menggenang saat musim hujan, di bawah tanahnya sudah ditanam alat khusus untuk mengalirkan air ke pipa saluran yang nantinya akan dikumpulkan untuk menyiram tanaman. Siapa sangka, semua keindahan dan kemewahan tersebut benar-benar milik warga New York.

Elmhurst Park yang tadinya milik situs Elmhurst Gas Tanks dibeli masyarakat dengan dana swadaya. Per orangnya, warga New York memberikan 1 Dolar AS untuk menjadikan lokasi ini sebagai ruang terbuka.

sumber