Home » » KEREN! PORTUGAL PUNYA RUMAH SAKIT KHUSUS BONEKA

KEREN! PORTUGAL PUNYA RUMAH SAKIT KHUSUS BONEKA

Written By Ratiz On on Kamis, 24 Januari 2013 | 21.56

Lisbon, Bukan cuma manusia, ternyata boneka juga bisa sakit dan butuh perawatan khusus di rumah sakit. Hospital de Bonecas di Lisbon, Portugal inilah jadi rumah sakit khusus boneka.


Hospital de Bonecas bukanlah toko mainan yang menjual boneka, tapi di sini adalah perusahaan berbeda yang peduli dengan hubungan antara mainan dan pemiliknya. Mengaku pecinta boneka, jangan pernah membuang begitu saja boneka yang Anda punya. Rumah sakit boneka ini dibangun pada tahun 1830. Destinasi ini dibuat untuk menentang budaya membeli mainan baru. Namanya juga rumah sakit, jadi berfungsi untuk menyembuhkan yang sakit, yaitu boneka.

Kini, rumah sakit unik yang berada di bangunan tua Prombalina ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk memperbaiki boneka-boneka yang sudah rusak. Wisatawan yang sedang berlibur ke Portugal pun menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat destinasi ini.


Rumah sakit ini buka mulai pukul 10.30-12.30 waktu setempat. Pada hari Sabtu dan Minggu buka pukul 15.30-17.00 waktu setempat. Biaya masuknya pun relatif murah, yaitu sekitar 2 euro atau Rp 25.100 untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak, dari situs resmi Hospital de Bonecas yang dikutip, Selasa (4/12/2012). Dengan penuh cinta, para dokter dan perawat di rumah sakit ini akan mengembalikan dan memperbaiki boneka seperti sedia kala.

Dengan perhitungan yang presisi dan sangat hati-hati setiap boneka yang dibawa ke rumah sakit ini akan ‘dioperasi’. Setiap minggunya, ada sekitar 40 boneka dari seluruh belahan dunia yang diperbaiki di sini. Kalau urusan harga tergantung dari kerusakan yang dialami oleh boneka-boneka tersebut. Untuk sekali perbaikan harganya berkisar antar 4 euro atau Rp 50.100 sampai ratusan euro.

Mulai dari jenis boneka berbahan porselen, plastik, dan kain bisa diperbaiki di sini. Serunya lagi, rumah sakit ini juga menjadi ‘panti asuhan’ untuk boneka yang sudah ditinggalkan oleh pemiliknya. Seperti rumah sakit untuk manusia, boneka-boneka ini ditempatkan dalam setiap ruangan sesuai dengan jenis dan kerusakan yang dialami. Lucunya lagi, traveler bisa melihat para boneka ini di atas tempat tidur layaknya orang yang sedang dalam masa penyembuhan.

Adanya Hospital de Bonecas ini ternyata menjadi cara unik bagi Anda yang ingin mendapatkan boneka. Destinasi ini pun menjadi itenerary yang pas bila Anda pergi bersama si kecil. Banyak jenis boneka dengan latar belakang berbeda dijual di sini. Sebagi oleh-oleh, traveler juga bisa berbelanja aksesoris boneka, mulai dari rumah boneka, pakaian, sepatu, dan alat perawatan lainnya.

Tidak ketinggalan, Anda juga bisa membeli boneka khas Spanyol Mariquita Perez dan Paola Reina, boneka Schild Krot dari Jerman dan masih banyak lainnya. Siapkan uang dan bawa boneka Anda yang harus diperbaiki, bila berlibur ke Portugal.

sumber