Home » » GILA! "CUCI OTAK" ORANG JADI PERCAYA KIAMAT SUDAH DEKAT

GILA! "CUCI OTAK" ORANG JADI PERCAYA KIAMAT SUDAH DEKAT

Written By Ratiz On on Sabtu, 22 Desember 2012 | 22.11

Menurut laporan di media pemerintah China setidaknya 93 orang telah ditangkap secara nasional dalam memimpin sampai dengan tanggal 21 Desember, yang akan menandai akhir dari kalender 5.125-tahun “Long Count” Maya


The Global Times melaporkan pada hari Senin bahwa 37 “sekte” anggota telah ditangkap di provinsi Qinghai China untuk “cuci otak” orang “menjadi percaya akhir dunia sudah dekat.” Sebuah sumber polisi menuduh kelompok memprediksi bahwa “matahari tidak akan bersinar dan listrik tidak akan bekerja selama tiga hari dimulai pada 21 Desember”.

Satu baris dari pesan teks yang diduga disebarkan oleh kelompok, berbunyi: “tsunami besar dan gempa bumi yang akan terjadi di seluruh dunia.” Sementara tiga puluh empat orang ditangkap di provinsi Fujian dan empat di Chongqing. Kantor berita resmi Xinhua mengatakan dua dari orang-orang telah tertangkap menggunakan pengeras suara untuk “memberitakan akhir dari dunia”.

Ada juga penangkapan di provinsi Shaanxi dan Hubei, kata media pemerintah. ”Polisi mengatakan penduduk lokal harus mematuhi hukum dan menahan diri dari menyebarkan rumor kiamat,” lapor Xinhua. ”Hukuman akan diberikan kepada mereka yang menyebarkan rumor untuk menimbulkan masalah, menipu orang lain atau mengganggu ketertiban sosial.” Beberapa hari terakhir telah melihat surat kabar Cina isi dengan Doomsday-cerita terkait, termasuk laporan dari “kerusuhan dan panik membeli”.

Satu melaporkan toko mengaku telah terjual habis dari lilin dan pertandingan di salah satu sudut provinsi Sichuan, sebagai warga bersiap diri untuk bencana yang mungkin terjadi. Klaim muncul pada hari Senin bahwa seorang pria yang melukai 23 anak-anak selama serangan pisau hiruk pikuk di sekolah mereka Jumat lalu mungkin telah “secara psikologis terpengaruh” oleh rumor kiamat.

Menghadapi tumbuh obrolan online tentang 21 Desember berwenang telah bermunculan ke dalam tindakan, melakukan serangkaian penangkapan dan mendesak masyarakat untuk melaporkan rumor menjajakan menggunakan telepon hotline khusus.

Editor koran telah membawa para ahli untuk secara terbuka membantah klaim bahwa dunia mendekati akhir. ”Ini adalah acara, normal dan alamiah,” kata Yang Guang, seorang astronom China, Xinhua. Berbicara ke Hong Kong South China Morning Post, Sun Xiaochun, seorang profesor atas dari Chinese Academy of Sciences, mengatakan: “Acara ini akan merusaknya seperti ketika kita melemparkan sebuah kalender meja tua menjadi sampah dapat di akhir tahun. “ Jumat, 21 Desember akan menandai akhir dari salah satu dari tiga kalender Maya kuno.

Yang disebut Maya “kalender menghitung panjang” datang ke dekat pada hari Jumat, beberapa 5.125 tahun setelah itu dimulai, memicu klaim di beberapa kalangan bahwa dunia bisa datang tiba-tiba berakhir. Tapi Jumat hanyalah salah satu dari ratusan tanggal yang Apocalypse telah ditandai.

Meskipun kegelisahan di beberapa sudut China, kebanyakan orang tidak yakin. ”Lupakan tentang akhir dunia,” menginstruksikan komentator Rong Xiaoqing pembaca di Global Times. ”Bekerja sedikit untuk menyelamatkan satu saat.”

sumber