Home » » AWAS! KARTU KREDIT ANDA DIBOBOL DI PESAWAT

AWAS! KARTU KREDIT ANDA DIBOBOL DI PESAWAT

Written By Ratiz On on Senin, 10 Desember 2012 | 23.05


Las Vegas - Seorang penumpang kaget bukan kepalang menerima tagihan kartu kredit ribuan dolar, setelah sebelumnya membeli minuman liquor di pesawat seharga 5 dollar saja. Hati-hati dengan pembobolan kartu kredit dalam penerbangan.

Jean Shanley terbang dengan Southwest Airlines dari Louisville ke Las Vegas, AS. Dalam penerbangan dia membeli minuman liquor Bloody Mary seharga US$ 5 (Rp 48.600) dengan kartu kredit. Banyak maskapai di Amerika yang hanya menerima pembayaran lewat kartu kredit saat penerbangan.

Saat itu, Shanley memberikan pramugari kartu kreditnya, American Express. Namun saat kembali ke rumah, Shanley menemukan tagihan pada kartunya sebesar US$ 1.300 sekitar Rp 12.628.200. Wanita ini pun menyalahkan maskapai Southwest Airlines.

Shanley menyatakan, kalau sang pramugari membawa kartu kreditnya selama lebih dari 15 menit. Tagihan biaya itu terjadi setelah penerbangannya. "Saya pikir itu aneh bila biaya muncul dua hari setelah penerbangan, dan saya tidak pernah memiliki masalah sebelumnya," kata Shanley dalam situs News Australia, Senin (10/12/2012).

Southwest mengklaim tidak bertanggung jawab. "Pemegang kartu kredit cenderung fokus pada transaksi terakhir yang diingatnya," kata juru bicara maskapai Southwest, Linda Rutherford. Rutherford menambahkan, kalau tim keamanannya memberi tahu bisa saja itu terjadi sebelum penerbangan. Kejahatan itu bisa dilakukan toko-toko, di mana kartu itu sempat digunakan.

Dia juga mengatakan kalau Southwest tidak mempunyai alasan untuk mencurigai awak pesawat dalam penerbangan Shanley. Tapi dia akan meneruskan pengaduan kepada pihak manajemen untuk mereka kaji. Peristiwa ini pun menimbulkan pertanyaan, seberapa aman kartu kredit Anda dalam penerbangan.

Lebih banyak penerbangan beralih dalam penggunaan uang non tunai. Pakar telematika, John Sileo mengatakan wisatawan harus peduli. Seorang maling digital bisa mengkloning kartu kredit tepat di depan Anda tanpa Anda menyadarinya.

Mereka membuatnya terlihat seolah memasukan kartu ke tempatnya, tapi mereka ternyata menggesekkan kartu. Jadi bagaimana cara wisatawan melindungi diri mereka sendiri?

Pakar kejahatan digital, Rob Douglas mengatakan penggunaan uang dalam berbagai kesempatan bisa menjadi cara yang aman. Cara ini bisa digunakan sampai perusahaan kartu kredit meningkatkan sistem keamanan mereka.

sumber