Home » » 6 HAL YANG PERLU DIWASPADAI SAAT NAIK PESAWAT

6 HAL YANG PERLU DIWASPADAI SAAT NAIK PESAWAT

Written By Ratiz On on Senin, 10 Desember 2012 | 23.24


Kursi yang empuk, ruangan yang dingin, dan dilayani oleh pramugari cantik menjadi keuntungan turis yang traveling dengan pesawat. Tapi di balik kenyamanan itu semua, ternyata ada beberapa hal yang wajib Anda waspadai. Diintip dari Smarter Travel, Kamis (6/12/2012), inilah 6 hal yang perlu Anda waspadai dan perhatikan ketika berada di pesawat:

1. Ukuran kursi 
Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat naik pesawat adalah ukuran kursi. Setiap kelas di pesawat memiliki ukuran yang berbeda. Mulai dari kelas bisnis hingga ekonomi, semuanya punya ukuran standar. Demi kenyamanan selama penerbangan, sebaiknya Anda mengira apakah ukuran kursi yang disediakan sesuai dengan postur tubuh. Jika Anda memiliki tubuh yang cukup besar, tak ada salahnya untuk memilih bangku kelas bisnis. Ini karena kursi yang sempit bisa menyebabkan aliran darah yang tidak lancar. Tentu tidak baik untuk kesehatan.

2. Jarum di dalam makanan 
Mungkin hal ini tidak pernah terlintas di pikiran Anda. Tapi berhati-hati dan lebih waspada pada makanan yang disediakan maskapai bukanlah hal yang buruk. Bulan Juli lalu, sebuah jarum ditemukan ada di dalam sandwich penumpang pesawat. Parahnya, satu orang penumpang menjadi korban, dan langsung diberi pertolongan pertama. Jadi, masih mau cuek dengan makanan?

3. Air minum yang kotor 
Haus selama penerbangan? Jika penerbangan yang ditempuh berjarak dekat, sebaiknya tahan sebentar haus Anda. Ini karena selama penerbangan, bisa jadi wadah minum yang disediakan kotor, atau bahkan tercemar bakteri Escherichia coli yang bisa menyebabkan diare. Lalu untuk menghindari hal ini, biasanya penumpang memilih kopi atau teh yang menggunakan air panas. Eits, jangan salah, maskapai tidak menggunakan air yang cukup mendidih untuk menyeduh teh atau kopi. Jadi, tidak cukup untuk membunuh bakteri.

4. Kuman 
Mungkin Anda pernah mendengar keluhan seseorang yang rentan sakit setelah bepergian dengan pesawat? Jangan heran, hal ini memang wajar terjadi karena kuman banyak berkembang di dalam pesawat. Biasanya, kuman datang dari dalam kamar mandi. Bakteri E.coli dengan sangat mudah berkembang di wastafel hingga gagang pintu. Untuk itu, selalu gunakan cairan antiseptik untuk membasuh tangan Anda setelah dari kamar mandi pesawat.

5. Keracunan makanan 
Baru-baru diungkapkan suatu penemuan yang mengejutkan. Katering sejumlah maskapai internasional ternyata tidak bersih. Yang lebih menggelikan, di dalam makanan yang akan dihidangkan ditemukan kecoak, semut, lalat dan belatung. Hiiii! Untuk itu, tidak ada salahnya untuk Anda membawa sendiri makanan dari rumah atau restoran untuk makan di dalam pesawat. Pasti lebih bersih!

6. Hewan liar 
Meski jarang terjadi, sebaiknya Anda tetap waspada untuk hal yang satu ini. Sejumlah hewan dilaporkan pernah ditemukan dalam maskapai internasional. Parahnya, kehadiran hewan ini sampai menunda jadwal penerbangan. Sebut saja masalah ribuan lebah yang tiba-tiba datang dan menempel di sayap pesawat Delta Airlines. Atau yang lebih ekstrem adalah penemuan ular hingga kelelawar di dalam kabin. Jika hal ini terjadi, langsung beritahukan awak kabin pesawat Anda, demi keamanan penerbangan.

sumber