Home » » POHON BERINGIN UNIK, MEMELUK POHON KELAPA

POHON BERINGIN UNIK, MEMELUK POHON KELAPA

Written By Ratiz On on Jumat, 23 November 2012 | 19.35


Terletak di Istana Kuning di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. "Ini namanya beringin memeluk kelapa. Lambang persatuan. Pohon saja bersatu, masak manusia enggak, " kata pemandu istana, Syairani, Selasa pekan kemarin, 13 November 2012. Menurutnya, 2 pohon itu awalnya hanya sebuah pohon kelapa. Belakangan muncul beringin tua yang menempel. Lantas keduanya hidup mandiri bukan sebagai parasit meski saling lengket satu sama lain.


Di Istana Kuning, Pangkalan Bun tersebut terdapat setidaknya 4 pohon saling memeluk. Tetapi yang paling membuat terperangah para wisatawan yakni yang berada di samping pintu gerbang istana. Letaknya di sebelah kiri bila masuk.

Saat ini tingginya sekitar 10 meter, barangkali lebih. Gerbang istana itu bukan dari beton atau pagar besi yang mewah melainkan pagar kayu setinggi 2,5 meter. Istana Kuning didirikan oleh pangeran ke-9 Kerajaan Kotawaringin, Kalimantan Tengah. Imanudin merupakan raja dari tahun 1811-1841.

Istana Kuning adalah istana kedua yang dibangun. Istana pertama adalah Istana Al Mursari yang terdapat di Kotawaringin Lama.


Dari Jakarta, terdapat penerbangan langsung ke Pangkalan Bun menggunakan maskapai Trigana atau Kalstar. Hanya 20 menit menuju istana ini dari Bandara Iskandar, Pangkalan Bun.

Biasanya turis hanya mampir di Istana Kuning sebelum atau setelah mengunjungi objek wisata utama di kota ini yakni Taman Nasional Tanjung Puting, tempat habitat orangutan hidup liar di hutan.

sumber