Home » » VIDEO : TEKNIK DASAR BELADIRI AIKIDO

VIDEO : TEKNIK DASAR BELADIRI AIKIDO

Written By Ratiz On on Jumat, 17 Juni 2011 | 16.52


BELAJAR AIKIDO
Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang beladiri praktis aikido.
Teori dasar yang mudah dan dipandu dengan video
Selamat belajar........go to aikido


Diantara tehnik-tehniknya adalah :

Irimi Nage




Irimi Nage dalam bahasa Inggris diartikan sebagai "entering throws" dan dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai "Teknik Lemparan Masuk dan Menyusup". Irimi merupakan salah satu pilar teknik Aikido yang memberikan suatu gambaran bagaimana teknik beladiri itu menyambut serangan lawan dengan tanpa bergeming atau mundur. Teknik ini tidak pula bersifat menahan atau memblokade tenaga serang lawan baik berupa pukulan, tendangan atau lainnya. Tetapi teknik ini secara fisik masuk dan menyatu dengan penyerangnya dan secara spirit ia mengambil inisiatif awal ketika niat penyerang sudah timbul. Teknik tampak sederhana dan terkesan mudah, tetapi justru di dalam teknik ini kedalaman pemahaman dalam spirit (semangat) "Aiki" atau harmonisasi "Ki" (semangat) dapat diujikan. Teknik ini ternyata merupakan teknik terlama dalam penyempurnaannya dan juga makin sederhana kelihatannya.

Suwari Waza



Suwari Waza adalah cara pembelaan diri dari posisi duduk. Dari segi konsep pembelaan diri, semua tehnik bela diri Aikido yang dilakukan dengan berdiri bisa pula dilakukan dalam posisi duduk. Cara pembelaan diri seperti ini sangat berguna ketika seorang praktisi bela diri tidak dalam keadaan siap berdiri ketika serangan terjadi.

Sankyo



Sankyo adalah tehnik kuncian dasar ke tiga dalam Aikido. Tehnik ini memberi rasa sakit pada pangkal lengan dan lengan, atau sekaligus pada jari-jari dengan memuntir lengan ke arah dalam, dengan sudut siku 90 derajat. Saat tehnik ini di eksekusi, tangan penyerang terkunci dengan rasa sakit yang kuat, sehingga memudahkan jalan bagi pembela diri untuk melumpuhkan penyerang. Dalam rekaman tersebut, gerakan kuncian tangan pembela diri dibantu dengan pergerakan pinggul dan kaki yang melingkar berputar kearah belakang. gerak pinggul dan kaki dalam menetralisasi serangan dalam aikido sama pentingnya dengan olah gerak tangan.

Stick Dissarming



Setiap senjata mempunyai karakteristik penyerangan tertentu. Ini menyangkut bagaimana sebuah senjata digunakan, mencakup arah, tenaga, dan tehnik penyerangan. tongkat pendek cenderung digunakan untuk memukul dengan sabetan. karena sabetan dilakukan dengan arah kesamping membentuk lintasan kurva melingkar, maka tehnik yang rasional untuk menangkap serangan adalah dengan berpadu mengikuti lintasan kibasan tongkat, dan kemudian meneruskan dengan gerakan sirkuler menjadi tehnik lemparan. Cara ini selain efektif, juga mengurangi resiko tubrukan antara tubuh pembela diri dengan tongkat. efek sentrifugal serangan dimanfaatkan tenaganya untuk membantu pembela diri melempar penyerang.

Tanto Tori ( Knife Disarming )



Pelumpuhan serangan bersenjata memerlukan pengetahuan tentang arah serangan, anatomi senjata maupun anatomi anggota tubuh penyerang yang dipakai untuk menyerang. Serangan pisau terdiri dari faktor ujung tajam dan sisi tajam pisau di sertai arah tusukan atau bacokan. dari segi aplikasi, tehnik aikido tidak tertumpu pada pisau sebagai sumber satu-satunya serangan, melainkan melumpuhkan mekanisme penyebab gerak serangan - yaitu anggota tubuh penyerang berupa tangan dan lengan beserta seluruh anatominya. Dengan melumpuhkan tangan dan lengan dengan tehnik kuncian tertentu, maka dengan sendirinya pisau menjadi barang yang tidak membahayakan.

Tanto Tori 1 Knife Disarming



Hal tersulit untuk melumpuhkan senjata pisau adalah membaca lintasan senjata sewaktu digunakan. ini menyangkut taktik yang akan digunakan untuk berpadu dengan serangan, sehingga serangan tertangkap dan kemudian di kembalikan pada penyerang. Ini adalah Starting Point pembelaan diri sebelum pembela diri mempunyai kesempatan atau celah untuk menggunakan tehnik bela dirinya.Tanto Tori.