Home » » PERKEMBANGAN GITAR DAN FILM GITAR TUA YANG FENOMENAL

PERKEMBANGAN GITAR DAN FILM GITAR TUA YANG FENOMENAL

Written By Unknown on Kamis, 19 Januari 2012 | 23.35


Dalam musik, gitar menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan karena kemampuannya menghadirkan melodi atau alunan nada. Gitar ditemukan pertama kali di Babylonia di antara puing-puing kota pada tahun 1900-1800 SM. Dari masa itu, gitar mengalami perubahan yang rumit dan bervariasi secara bertahap hingga tahun 1650.

Alat musik mirip gitar tua ditemukan di Spanyol, Vihuela, pada abad ke 16. Alat musik ini mempunyai kemiripan cara pembuatan dengan alat musik ukulele. Gitar pada awalnya juga dibuat kecil dengan jumlah senar sebanyak empat buah mirip seperti ukulele.

Para seniman klasik seperti Mauro Guiliani, Matteo Carcassi, dan Fernando Caulli membawa gitar ke public dengan memperkenalkan teknik bermain gitar. Gitar pun mulai diterima masyarakat luas.
Perkembangan gitar tak lepas dari instrumen bernama Cittern. Alat musik ini berbentuk seperti buah pir yang bagian belakangnya rata dengan empat sampai lima pasang senar yang terbuat dari kawat.

Gitar terus mengalami perkembangan sampai sekarang kita mengenal gitar dengan enam senar yang pertama kali muncul pada 1750. Dan selama 90 tahun lamanya gitar 6 senar ini cukup berkembang pesat di Spanyol. Tak terkecuali negara-negara Asia seperti India, Cina, dan Indonesia.

Film Gitar Tua

Gitar, peran alat musik ini begitu melekat dalam dunia hiburan, termasuk dalam perfilman Indonesia. Masih ingat film berjudul Gitar Tua di era tahun 70-an?


Film yang dibintangi oleh Raja Dangdut, Rhoma Irama dan Yati Octavia ini bercerita tentang Rhoma dan Ani (Yati Octavia) yang saling mencintai dan akan mempersiapkan pernikahan. Namun, ayah Ani tidak suka jika anaknya menikah dengan seniman seperti Rhoma.

Suatu ketika datanglah seorang insinyur bernama Dana yang bekerja di perkebunan milik ayah Ani. Ayah Ani menjodohkannya dengan insinyur itu. Ani dan Rhoma saling mengirim surat, tapi surat keduanya tidak pernah sampai akibat sabotase yang dilakukan ayah Ani dan pasangan nyanyi Rhoma yang diam-diam menyukainya.

Komunikasi keduanya terputus. Ani salah paham dan memutuskan menikah dengan Dana. Hari-hari pernikahan dilalui Ani dalam sakit. Rhoma datang untuk menjenguk. Melihat kenyataan bahwa Ani cinta kepada Rhoma, Dana pun merelakan Ani kepada Rhoma.

Film Gitar Tua ini sempat menghiasi dunia hiburan tanah air. Lagu-lagu milik Rhoma Irama banyak dibawakan dalam film yang menempatkannya sebagai bintang utama. Salah satu properti yang tidak ketinggalan dipakai oleh sang bintang adalah gitar. Pas sekali dengan jalan ceritanya yang mengisahkan cinta seniman yang suka mengarang dan menyanyikan lagunya dengan satu-satunya gitar tua yang dimilikinya. [sumber]
Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang