Home » » INILAH SEJARAH SINGKAT TENTANG AVATAR INTERNET

INILAH SEJARAH SINGKAT TENTANG AVATAR INTERNET

Written By Unknown on Kamis, 19 Januari 2012 | 18.10


Avatar bukanlah istilah yang asing bagi para pengguna Internet. Mulai dari pengguna program instant messaging, pengunjung forum dan blog, hingga pengguna aplikasi dan game online, semuanya pasti telah punya pengalaman menggunakan icon yang menjadi gambaran online persona mereka ini.

Dalam bidang Internet dan komputer, avatar didefinisikan sebagai representasi grafis dari si pengguna. Meski istilah ini digunakan secara luas di Internet, tidak ada yang tahu persis situs atau forum di mana avatar pertama kali dipakai.

Sistem avatar di Internet pada umumnya berupa tampilan wajah kartun 2 dimensional yang diposisikan di dalam bingkai kotak berukuran kecil (misalnya 100x100 pixel) yang ditempatkan di dekat post milik si pengunjung forum.

Meski ada beberapa forum yang menyediakan template avatar yang dapat dipilih oleh penggunanya, tidak sedikit juga forum dan situs yang membebaskan penggunanya untuk mengunggah avatar kreasi mereka sendiri.

Instant Messaging

Ketika American Online meluncurkan program instant messaging yang menjadi cikal bakal AIM (AOL Instant Messaging) di tahun 1996, mereka memperkenalkan “buddy icons”, versi pertama avatar dalam program IM. Saat ini semua program instant messaging memiliki feature avatar yang juga dapat diulik untuk lebih menyerupai kepribadian, selera, atau bahkan mood si penggunanya.


Game

Avatar di bidang game berfungsi sebagai representasi fisik si pemain dalam dunia artifisial tempat jalan cerita dalam game tersebut berlangsung.


Dunia online

Dalam dunia online secara luas, avatar berperan sebagai identitas maya para pengguna Internet. Identitas online dalam bentuk grafis 2 atau 3 dimensi inilah yang menjadi representasi mereka saat berinteraksi dengan pengguna Internet lainnya. Setelah era jejaring sosial, avatar di Internet dapat diulik sesuai dengan keinginan penggunanya untuk membentuk persona yang ideal menurut mereka.

Semoga infonya bermanfaat ya!

[sumber]
Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang