Home » , , » FACEBOOK SEBARKAN INTERNET DENGAN PESAWAT TANPA AWAK?

FACEBOOK SEBARKAN INTERNET DENGAN PESAWAT TANPA AWAK?

Written By Ratiz On on Senin, 10 Maret 2014 | 21.39


Facebook - Pendiri Facebook Mark Zuckerberg memiliki program bernama Internet.org yang tujuannya memperluas koneksi internet hingga bisa menjangkau sekitar 5 miliar orang yang belum mengakses internet.

Bagaimana Facebook akan mewujudkannya? Boleh jadi, dengan memakai ribuan pesawat tanpa awak atau populer disebut drone yang diterbangkan ke angkasa.

Sebagaimana dilaporkan Pocket Lint, Facebook dikabarkan berencana mengakuisisi perusahaan Titan Aerospace yang membuat drone dengan tenaga surya. Sebanyak 11.000 drone tipe Solara 60 buatan perusahaan ini diduga bakal dipakai untuk memperluas jangkauan internet ke wilayah Afrika.

Tipe drone tersebut merupakan "satelit atmosfer" yang memiliki banyak kemampuan serupa dengan satelit sungguhan. Ia bisa dipakai untuk memantau cuaca, memetakan sebuah daerah, hingga mengemban tugas komunikasi.

Solara 60 bisa mengarungi jarak 4 juta kilometer dengan bergantung ada energi surya.

Drone seberat 160 kg ini mampu membawa aneka peralatan seberat 32 kg. Angka yang cukup untuk menempatkan kamera dan peralatan komunikasi nirkabel. Ia juga mampu bertahan selama lima tahun di ketinggian 20 km dari permukaan bumi.

Sebelum Facebook, Google memiliki program serupa bernama Project Loon. Bedanya, raksasa internet ini mengandalkan balon udara untuk membawa Wi-Fi. Dengan memakai alat-alat yang melayang di udara ini, akses internet bisa diperluas ke daerah-daerah terpencil tanpa harus membangun infrastruktur lokal di darat.