Home » , » BATU DI TENGAH LAUT INI JADI REBUTAN 4 NEGARA

BATU DI TENGAH LAUT INI JADI REBUTAN 4 NEGARA

Written By Ratiz On on Minggu, 16 Maret 2014 | 01.08

Sebuah pulau bernama Rockall kini menjadi rebutan 4 negara yaitu Inggris, Irlandia, Islandia, dan Denmark. Ke empat negara ini memperebutkan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah-tengah pantai barat Skotlandia, yang terletak sekitar 480 km dari tepi pantai.


Pulau kecil ini merupakan batu yang memiliki lebar lebih dari 25 meter dan tinggi 21 meter. Diatas Rockall ini tidak ada kehidupan, hanya ada burung-burung yang biasanya menumpang beristirahat ataupun menyimpan telurnya di sana.

Namun, meskipun kecil, pulau Rockall ini menjadi rebutan empat negara besar. Lalu ada apa sebenarnya dengan pulai ini?

Sebenarnya pantai tersebut memiliki pemandangan yang indah dan mempesona, ditambah lagi dengan adanya Rockall yang berada di tengah-tengah pantai, sehingga semakin membuat orang-orang tergumam melihatnya.

Namun sebenarnya bukan itu yang membuat ke empat negara besar tersebut memperebutkan pulau kecil itu. Tapi ada sesuatu yang sangat istimewa sehingga diperebutkan oleh empat negara?

Lantas, apa yang istimewa dari pulai tersebut?

Jawabannya adalah di sekitar area pulau tersebut memiliki banyak pasokan ikan, serta cadangan minyak dan gas yang tersembunyi di dasar laut disekitar Rockall.

Rockall sendiri merupakan piramida granit yang menjorok keluar dari Atlantik, hingga di lihat dari jauh mirip seperti sirip hiu raksasa. Selain itu, pantai ini semakin terlihat indah dengan pemandangan yang luar biasa di sekitar rockall.

Rockall ini sebenarnya secara resmi dinyatakan menjadi bagian dari Britania Raya pada tahun 1972, oleh parlemen The Island of Rockall Act. Namun, pernyataan tersebut belum dianggap resmi oleh negara lain.

Namun, keinginan Inggris untuk memiliki pulau tersebut telah gagal pada tahun 1982, kini pulau kecil tersebut masih menjadi rebutan oleh tiga negara yaitu Irlandia, Islandia, Dan Denmark.