Home » , » TANPA LAMPU, JALAN ASPAL BISA MENYALA DI MALAM HARI

TANPA LAMPU, JALAN ASPAL BISA MENYALA DI MALAM HARI

Written By Ratiz On on Minggu, 27 Oktober 2013 | 14.29

Berbagai inovasi terus dikembangkan manusia. Bahkan, perusahaan asal Inggris, Pro-Teq Surfacing, kini menemukan teknologi baru, di mana jalanan dan trotoar dapat terlihat menyala di kegelapan malam meski tidak menggunakan lampu jalan.


Dilansir News Discovery, Minggu 27 Oktober 2013, adalah Starpath. Agar dapat menyala, lapisan ini ternyata menyerap sinar ultra violet yang dipancarkan matahari pada siang hari. Hal ini, membuat Starpath dapat memancarkan cahaya warna biru di malam hari.

Tak hanya aspal, Sparpath ternyata juga dapat diterapkan pada sebuah benda dengan permukaan yang padat, seperti di atas beton atau kayu.

Menurut perusahaan tersebut, inovasi ini berkat adanya teknologi, di mana terdapat lapisan yang sangat memengaruhi, yaitu Polyurethane.

Lapisan ini memang dapat menyerap partikel cahaya dan tahan lama. Tak hanya itu, lapisan ini juga tahan air.

"Produk ini menyesuaikan dengan cahaya alami, jadi jika keadaan gelap gulita seperti luar bumi, cahaya ini akan meningkatkan," jelas Hamish Scott, Owner of Pro-Teq Surfacing.

Tak hanya dapat menyesuaikan dengan kondisi saat malam hari, lanjut Scott, pelapis ini juga sangat ramah lingkungan.

Saat ini, teknologi ini sedang dalam tahap uji coba di sebuah taman terkenal di kawasan Cambridge, Inggris.

Di masa depan, perusahaan tersebut berharap inovasi itu dapat digunakan untuk menerangi seluruh jalan raya yang ada di kota-kota. Hal ini, tak lain karena Starpath diklaim menjadi alternatif pengganti lampu jalan.