Home » , , » MONUMEN PERINGATAN JUGUN IANFU

MONUMEN PERINGATAN JUGUN IANFU

Written By Ratiz On on Minggu, 14 Juli 2013 | 23.01


New York (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bergen, New Jersey, Amerika Serikat, mendirikan monumen memperingati wanita Korea yang dipaksa Jepang menjadi jugun ianfu (budak seksual) selama Perang Dunia II, Jumat waktu setempat.

Patung perunggu didirikan berbentuk wanita tengah duduk di luar Gedung Pengadilan Kota Bergen disponsori Komite Memorial Wanita Penghibur.

Langkah itu untuk menghormati ratusan ribu mantan jugun ianfu --secara halus disebut "perempuan penghibur"-- yang sebagian besar dari Korea.

"Saya tidak dapat membayangkan kepedihan dan penderitaan wanita-wanita itu dalam melewati hari-harinya selama Perang Dunia II. Tapi kehormatan dan kemuliaan mereka akan mencengangkan kita di masa kini," kata Pejabat Kota Bergen, Kathleen Donovan, saat upacara peresmian.

Acara tersebut bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional dan dihadiri sekitar 100 pejabat pemerintah daerah dan masyarakat Korea-Amerika.

Departemen representatif Kongres New Jersey, Bill Parscrell, mengatakan, segenap masyarakat New Jersey berkomitmen untuk menegakkan hak asasi manusia. Hal itu menekankan kepada pentingnya upaya untuk mencegah terulangnya peristiwa serupa dari kesalahan masa lalu.

Editor: Ade Marboen