Home » , » INILAH TIPS SEDERHANA UNTUK MENGATASI MABUK PERJALANAN DARAT

INILAH TIPS SEDERHANA UNTUK MENGATASI MABUK PERJALANAN DARAT

Written By Ratiz On on Minggu, 28 Juli 2013 | 23.44

Perjalanan jauh ke berbagai tujuan dengan berkendara, seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Terutama jika tujuannya adalah tempat wisata. Tetapi bagi sebagian orang, perjalanan jauh bisa jadi momok tersendiri, yaitu bagi mereka yang mudah mengalami mabuk perjalanan. Mabuk kendaraan ini bisa menyebabkan pusing, mual dan muntah-muntah. Kejadiannya seringkali di mobil pribadi, atau di kendaraan umum, terutama di bis.


Pada rubrik tips kali ini, Ratizon mau berbagi tips untuk menghindari mabuk kendaraan darat:

  1. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit dan bugar sewaktu melakukan perjalanan. Hendaknya Nawak cukup tidur sebelum memulai perjalanan.
  2. Jika perlu, minumlah obat anti mabuk. Contohnya adalah Antimo. Tapi ingat, beberapa obat anti mabok akan menyebabkan Anda mengantuk di perjalanan. Jadi obat ini tidak cocok untuk mereka yang akan mengemudi.
  3. Persiapkan juga obat-obatan anti masuk angin. Masuk angin seringkali menjadi alasan seseorang bisa mabuk. Ada sebagian orang yang menempelkan koyo di pusar mereka untuk menjaga agar badan tetap hangat. Anda bisa coba cara tersebut.
  4. Pilihlah posisi duduk di depan, agar bisa melihat lurus dan mengetahui kondisi jalan. Dengan demikian, tubuh Anda akan lebih siap terhadap berbagai kondisi perjalanan, termasuk goncangan, yang seringkali memicu mabuk.
  5. Hindari membaca terlalu lama di kendaraan, atau berfokus kepada suatu objek dekat. Cobalah untuk melihat jauh ke depan, agar tidak mudah pusing.
  6. Anda harus tetap rileks, karena itu hindarilah perasaan tegang. Jangan mengenakan busana yang terlalu ketat atau bahkan sampai menghalangi peredaran darah. Jika memungkinkan, Nawak bisa melepaskan alas kaki ketika berada di kendaraan.
  7. Mengemil boleh dilakukan untuk meredakan ketegangan dan untuk menjaga badan tetap hangat. Khusus untuk menghindari rasa mual, Anda bisa mengkonsumsi permen rasa jeruk atau camilan yang memiliki rasa asam lainnya. Hindari mengemil gorengan dan permen karet, karena malah akan membuat perut terasa mual.
  8. Minta supir untuk tidak mengemudi secara ugal-ugalan. Kecepatan kendaraan yang sering berubah-ubah terlalu cepat (ngebut, ngerem, ngebut lagi, ngerem lagi, dst) bisa juga memicu mabuk kendaraan.
  9. Bau kendaraan yang wangi dan segar juga bisa menghindarkan dari mabuk. Karena itu, Anda bisa memasang parfum mobil dengan aroma yang Anda sukai.
Dengan mencoba tips di atas, mudah-mudahan Anda terhindar dari mabuk perjalanan atau mabuk kendaraan, sehingga perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan.