Home » , , » ARSITEK AMBISI BANGUN GEDUNG PENCAKAR LANGIT DARI KAYU

ARSITEK AMBISI BANGUN GEDUNG PENCAKAR LANGIT DARI KAYU

Written By Ratiz On on Jumat, 28 Juni 2013 | 22.19

Rumah dengan menggunakan bahan kayu merupakan hal biasa, namun apa jadinya jika untuk gedung pencakar langit? Seorang arsitek memiliki ambisi untuk membangun gedung tinggi yang seluruhnya menggunakan kayu.


Tim arsitek pembangunnya adalah C.F. Moller and Dinell Johansson serta konsultan Tyrens. Bangunan tak lazim ini rencananya akan dibangun di Stockholm, Swedia, setinggi 34 lantai. Arsiteknya mengklaim bahan kayu akan membuat gedung lebih kokoh, efisien dan murah daripada kontruksi baja pada umumnya.

Manfaat lain menggunakan kayu adalah dapat dirawat sehingga meningkatkan ketahanan api dibandingkan dengan baja atau beton. Selama ini kayu dianggap lebih rentan kebakaran karena mudah terbakar, namun tim arsitek membantahnya. Sebab 15 persen dari massa kayu terdiri dari air yang akan menguapkan sebelum api menghanguskannya.

Meski dari kayu namun tim arsitek yakin bisa menampung beban berat saat didesain untuk jadi pencakar langit. Panel solar juga akan menjadi sumber listrik bangunan dan tiap apartemen memiliki beranda berlapis kaca. Selain itu bangunan akan memiliki pilar dan jendela yang terlihat dari luar melalui fasad bangunan dari kaca.

Gedung dari kayu ini bukan pertama kalinya yang ada di Swedia. Sebelumnya sudah ada gedung berlantai 7 yang terbuat dari kayu berdiri di sana.

[sumber]