Home » » 6 TIPS MUDAH BELANJA SAAT MUSIM DISKON

6 TIPS MUDAH BELANJA SAAT MUSIM DISKON

Written By Ratiz On on Senin, 20 Mei 2013 | 18.58


Sale atau obral, merupakan kata yang sangat menarik bagi semua orang khususnya para wanita apalagi saat ada event-event khusus. Orang-orang menjadi kalap untuk berbelanja karena berpikir mendapatkan harga yang murah dan kesempatan hanya sekali-kali saja. Tetapi, benarkah Anda telah menjadi smart shopper dengan berbelanja saat obral atau sale?

Agar tidak terjebak dengan kata “sale”, cobalah perhatikan beberapa hal berikut ini:

1.Buat catatan

Catatlah barang-barang yang akan kita beli sebelum Anda berangkat dan buatlah komitmen pada diri sendiri agar tetap fokus untuk berbelanja sesuai catatan.

2. Bawa uang tunai

Membawa kartu kredit akan sangat memanjakan Anda karena Anda bisa membeli apa saja dengan menggesek kartu. Dengan membawa uang tunai sesuai budget, Anda bisa lebih dapat “menyadarkan” Anda. Dengan habisnya uang di dompet berarti selesai sudah Anda berbelanja.

3.Bandingkan harga

Hal ini penting karean kadangkala barang dengan label sale atau diskon belumtentu lebih murah. Pada beberapa barang, harga barang mungkin sudah dinaikkan terlebih dahulu atau mungkin sebetulnya barang tersebut sudah didiskon terlebih dahulu walaupun tidak pada event khusus karena model lama atau ada sedikit cacat. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kita membandingkan harga dengan toko yang lain agar Anda tidak tertipu.

4.Ajak orang lain

Bila Anda termasuk orang yang tidak bisa menahan diri dalam berbelanja, ada baiknya Anda mengajak seseorang untuk menemani Anda saat anda berbelanja. Tujuannya adalah untuk mengingatkan Anda jika kantong belanjaan Anda sudah penuh. Pastikan orang yang menemani Anda adalah orang yang bukan hobi berbelanja sehingga tidak lebih banyak barang yang Anda beli apalagi yang tidak perlu.

5.Teliti barang yang akan dibeli

Untuk mengetahui apakah ada cacat pada produk atau tidak. Ini berlaku terlebih pada saat acara diskon karena mungkin saja barang diberi diskon ada cacat.

6.Pilih barang sesuai ukuran

Obral pakaian atau sepatu merupakan hal yang menarik bagi kaum wanita. Beberapa wanita bahkan rela untuk membeli yang tidak sesuai ukurannya. Walaupun Anda menyukainya, tetapi apabila terlalu kecil atau terlalu besar tentu akan tidak nyaman dan bisa jadi Anda hanya memakainya beberapa kali menggunakannya sebelum diberikannya kepada orang lain.

Pastikan Anda benar-benar memerlukan barang tersebut dan tidak kalap saat berbelanja.