Home » , » TAMPILAN BARU EDITOR HTML TEMPLATE BLOGGER

TAMPILAN BARU EDITOR HTML TEMPLATE BLOGGER

Written By Ratiz On on Sabtu, 27 April 2013 | 23.22

Google baru baru ini mengumumkan bahwa mereka telah membuat beberapa penyesuaian untuk editor HTML template blogger. Jika anda melihat pada bagian editor template blogger, maka anda akan menemukan bahwa sekarang fitur tersebut mendukung line numbering, syntax highlighting. auto-indentation dan code folding.

Dalam postingan di blog Blogger Buzz, seorang insinyur perangkat lunak Google yaitu Samantha Schaffer dan Renee Kwang mengetengahkan tutorial cara memindahkan tanggal posting blog dari yang awalnya berada diatas posting menjadi dibawah posting sebagai contoh cara mengedit template pada editor template baru blogger.

Jika anda ingin pula turut mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah cara memindahkan tanggal posting blog sebagai berikut:


Klik tab template pada dasbor blogger, klik tombol edit HTML untuk melihat editor HTML template baru anda


Kemudian cari widget "Blog 1" dengan cara cepat langsung ke widget drop down:


Widget ini mengontrol bagaimana postingan blog anda akan ditampilkan, kode dalam widget ini tersembunyi atau dilipat untuk menampilkannya klik tanda panah kecil '►' disamping line numbering


Di dalam tag includable block kode yang membuat tanggal posting:


Potong bagian kode tanggal posting seperti diatas dan pindahkan ketempat yang kita inginkan, sebagai contoh dibawah judul posting


Untuk melihat perubahan klik tombol preview template.


Demikian tampilan editor HTML template blogger yang baru serta sebuah contoh cara mengedit template yang bisa saya uraikan kali ini. Jika kita perbandingkan dengan versi lama maka opsi dari Expand template widget tergantikan dengan adanya tombol format template, dan code folding yang dapat menjadikan anda jauh lebih mudah dalam mengedit template.

Adapun untuk mencari teks gunakan 'Ctrl + F' dan untuk mengganti teks kode satu persatu, setelah anda mengklik pada editor gunakan 'Ctrl + Shift + F dan untuk mengganti semua kode sekaligus gunakan 'Ctrl + Shift + R'. Silahkan dicoba biar lebih mengerti. Perubahan ini menuntut kita untuk beradaptasi kembali dan bagi kami yang mengetengahkan tutorial harus update menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Bagaimana menurut anda dengan perubahan ini?

Referensi: Blog Blogger Buzz
sumber