Home » » UNIK! BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN DI DALAM BUKU RAKSASA

UNIK! BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN DI DALAM BUKU RAKSASA

Written By Ratiz On on Kamis, 31 Januari 2013 | 17.28

Bukan perpustakaan namanya jika tanpa buku. Tapi selain jadi koleksi, buku-buku raksasa ini menjadi bentuk sebuah bangunan! Perpustakaan dari buku-buku raksasa ini bisa wisatawan temukan di Kansas, Amerika Serikat.


Saat jalan-jalan ke Kansas, Amerika Serikat, pasti Anda melihat sebuah arsitektur gedung yang tak biasa di tengah kotanya. Buku-buku raksasa berjejer di tepi jalan layaknya kumpulan buku di meja atau rak. Ya, ini adalah perpustakaan buku paling nyentrik di AS.


Gedung ini adalah perpustakaan umum, namanya Kansas City Library. Dinding luar gedung didesain mirip sekali dengan buku-buku raksasa yang ditata rapi. Buku-buku tersebut masing-masing berukuran tinggi 7,5 meter dan lebar 2,7. Setidaknya berjejer replika 22 buku dengan judul-judul ternama. Buku-buku tersebut sebelumnya dipilih oleh warga Kansas melalui pemungutan suara.


Salah satu judul buku yang terkenal adalah karya JRR Tolkien, yaitu “The Lord of The Rings”. Buku tersebut adalah yang paling banyak dipilih warga Kansas.


Masuk ke dalam gedung, suasana nyaman langsung bisa Anda rasakan. Di dalamnya terbagi menjadi beberapa ruangan, seperti ruang buku dan ruang internet. Untuk bukunya saja, Kansas City Library punya beberapa ruang. Untuk buku ilmiah ada di ruang tersendiri, sedangkan buku lainnya di ruang yang berbeda.

Ruangan ini juga diberikan sensor suhu udara. Hal tersebut dimaksudkan agar buku-buku yang telah berumur tua bisa terjaga dengan baik. Semua pengunjung bebas membaca buku di sini, termasuk Anda para wisatawan.

Sayangnya, demi keamanan buku-buku tersebut, traveler belum bisa meminjamnya keluar. Anda hanya bisa meminjam buku di area Kansas City Library saja.

sumber