Home » » ISTANA MEWAH YAMAN, YANG BERDIRI DI PUNCAK BATU

ISTANA MEWAH YAMAN, YANG BERDIRI DI PUNCAK BATU

Written By Ratiz On on Rabu, 05 Desember 2012 | 06.52

Salah satu negara di Jazirah Arab, memiliki istana yang nyentrik. Tepatnya di Sana'a, 15 kilometer dari ibukota Yaman. Istana ini bertengger megah, tepat di puncak batu berukuran besar, yakni batu lembah atau sering disebut batu wadi.


Dari jauh, bangunan yang memiliki banyak jendela ini tampak seperti menyembul dari bebatuan. Entah dari mana ide pembuatan desainnya. Tapi, yang jelas bangunan ini menjadi semakin sering dicari para wisatawan, dan bahkan menjadi ikon Yaman. Setiap aksen bangunannya mencerminkan arsitektur Yaman yang sangat kental.


Istana bernama Dar al-Hajar ini dibangun pada 1930 sebagai kediaman raja Yaman saat musim panas tiba. Namun, bangunan lima lantai ini hanya digunakan selama 18 tahun, sebelum sang pemimpin, Yahya Muhammad Hamiddin, terbunuh. Bangunan ini kemudian dialihfungsikan sebagai museum yang terbuka untuk umum.


Untuk bisa menelusuri bangunan berwarna cokelat ini, Anda cukup membeli tiket masuk. Setiap lantainya akan dihubungkan dengan tangga ukiran berukuran besar dan kecil.

Anda akan menemukan banyak kamar dengan detail unik. Seperti pada kamar tidur raja, dapur, ruang penyimpanan, ruang pertemuan para raja, dan kerabat. Tempat yang paling menarik tentu saja bagian puncaknya, karena Anda dapat menikmati keindahan lanskap Yaman dari ketinggian.

sumber