Home » » SEJARAH SINGKAT TENTANG PISAU LIPAT

SEJARAH SINGKAT TENTANG PISAU LIPAT

Written By Ratiz On on Senin, 26 November 2012 | 18.17


Pisau Lipat (Folding Knives/Pocket Knife) Pisau lipat adalah juga pisau yang mempunyai minimal satu pisau yang bisa dilipat kedalam handle sehingga bisa dimasukkan kedalam kantong.

Karena gampang dibawa-bawa didalam kantong,Pisau Lipat sering disebut Pisau Kantong atau(Pocket Knife)juga.Bilah pisaunya berukuran mulai dari 1cm sampai 30cm,walau secara umum.Berukuran antara 5cm sampai 15cm.

Pisau lipat adalah sebuah alat serbaguna yang digunakan mulai dari membuka amplop,memotong tali-temali,memotong buah-buahan,bahkan kadang juga digunakan sebagai alat beladiri. Sejarah Pisau lipat Sejarah Pisau lipat mulai pada awal-awal jaman besi(Iron Age).Sebuah Pisau lipat dengan handle dari tulang pernah ditemukan di Hallstatt.

Pisau lipat ini diperkirakan dibuat pada sekitar 600-500 BC.Pisau semacam ini sangatlah jarang sampai datangnya jaman moderen.Salah satu alasan yang paling masuk akal adalah sebagai berikut: Pada awalnya pisau kecil biasa(Fix-Blade Knife)dibawa-bawa dengan cara digantungkan di ikat pinggang, atau kadang-kadang dimasukkan kedalam kantong yang menggantung di ikat pinggang.

Kemudian keadaan berubah. Larangan,membawa pisau kemana-mana mulai dikeluarkan,akibat dari keadaan ini,akhirnya orang mulailah membawa pisau lipat sebagai ganti-nya,dan sejak itu pulalah pisau lipat menjadi populer.

sumber