Home » » SARAPAN SEREAL DAN GANDUM CEGAH KANKER USUS

SARAPAN SEREAL DAN GANDUM CEGAH KANKER USUS

Written By Ratiz On on Jumat, 02 November 2012 | 18.49


Sarapan whole wheat bread atau sereal? Pilihan tepat. Kandungan seratnya yang tinggi membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Buat yang sedang berdiet akan merasa kenyang lebih lama. Serat juga punya manfaat hebat lainnya.

Makan makanan yang kaya akan serat secara teratur seperti buah-buahan, sayuran, kacang, biji-bijian, dan padi-padian punya banyak manfaat. Selain bisa menjaga berat badan tetap ideal, juga baik untuk memelihara kesehatan saluran cerna pada usus besar sebanyak 20%.

Dari hasil studi yang dilakukan oleh Imperial College London dan University of Leeds, ditemukan adanya hubungan kuat antara konsumsi makanan kaya serat pada sereal dan gandum dengan menurunnya resiko terhadap kanker usus besar. Sejak tahun 1960-an serat memang sudah dikenal baik untuk menjaga kesehatan fungsi usus dan mencegah terjadinya kanker usus besar.

Dengan begitu para penelitipun menyebutkan bahwa, mereka yang mengkonsumsi serat sedikitnya 10 gram setiap hari secara teratur bisa memiliki penurunan resiko kanker usus sebesar sebanyak 10%. Selain itu ada temuan baru yang diterbitkan dalam British Medical Journal.

Penelitian yang menganalisis sebanyak 25 studi mengenai manfaat serat ini, menemukan bahwa mereka yang gemar makan gandum atau sereal setiap hari resikoterkena kanker usus besar turun sebanyak 20%. Professor Anne Tjonneland dari Danish Cancer Society pun turut menyatakan bahwa hasil dari analisis ini merupakan bukti mengenai manfaat baik dari gandum dan sereal buat kesehatan.

‘Makanan kaya serat juga bisa menurunkan resiko kanker secara drastis’, tambah Dr. Dagfinn Aune dari Imperial College London. Para peneliti menyatakan bahwa serat memiliki tingkat folat dan magnesium yang berperan penting dalam penurunan resiko kanker usus besar.

Namun, ada juga para peneliti yang menemukan bahwa mereka yang banyak makan kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil, dan kacang tanah serta buah dan sayuran tidak bisa terbebas dari resiko terkena kanker usus.

(Sumber: Detik.com)