Home » » MENURUT PRIA, MAKAN DAGING BUAT TAMPAK LEBIH MASKULIN

MENURUT PRIA, MAKAN DAGING BUAT TAMPAK LEBIH MASKULIN

Written By Ratiz On on Jumat, 30 November 2012 | 17.26


Pernah melihat kekasih atau teman pria makan daging dengan lahap? Secara sadar atau tidak, kemungkinan itu menjadi upaya mereka untuk terlihat lebih maskulin di hadapan wanita.

Hal ini bukan dugaan semata, tapi telah terbukti secara ilmiah. Penelitian menunjukkan, sebagian besar pria yakin dengan memakan steak, burger, atau olahan dari daging merah akan membuat mereka terlihat lebih jantan dibandingkan pria vegetarian.

Profesor Hank Rothgerber dari Bellarmine University di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat menjelaskan bahwa makan daging kerap dihubungkan dengan simbol kejantanan dan kekuasaan. Pernyataan Hank yang berdasarkan penelitian itu telah dipublikasikan dalam jurnal 'Men and Masculinity'.

"Ada satu kelompok pria yang sangat percaya dengan makanan yang disebut chick food (makanan penarik wanita), dan mereka makan dua porsi burger untuk mendeklarasikan maskulinitas mereka," ujar Hank, seperti dikutip Times of India dari NBC news.

Ia menambahkan, konsumsi daging merupakan simbol dari paham patriarki yang menitikberatkan kekuasaan ada di tangan pria. Baik itu dalam kehidupan berkeluarga maupun sosial. Sementara bagi para pria yang menjadi responden dalam penelitian Hank, sebagian besar menjawab, 'daging terlalu enak untuk tidak dimakan'.

Studi tersebut menyurvei 125 mahasiswa jurusan psikologi, berusia antara 18 hingga awal 20-an tahun. Dari penelitian tersebut juga terungkap, pria mengekspresikan perilaku yang lebih menyenangkan dengan memakan daging.

Mereka umumnya beranggapan bahwa secara hierarki, hewan lebih rendah dari manusia dan percaya sudah menjadi takdir mereka untuk makan daging. Meskipun mengakui penelitian yang dilakukannya masih dalam skala kecil, tapi Hank yakin ada keterkaitan antara daging dan kejantanan.

Menurutnya, ada semacam tekanan bagi pria untuk membuktikan kejantanannya dengan makan daging lebih banyak. Anggapan ini diperkuat dengan hasil studi lain yang menunjukkan adanya hubungan antara pria dan daging merah.

Sebelumnya, para peneliti dari University of British Columbia mengungkapkan bahwa pria vegetarian terlihat kurang macho jika dibandingkan dengan pria pemakan daging. Bahkan di mata wanita yang tidak menyukai daging.

Tahun lalu, tim peneliti dari University of Pennsylvania dan Cornell University menunjukkan hasil penelitian yang lebih kurang sama. Para konsumen daging cenderung mengaitkan maskulinitas, kekuatan dan macho dengan makanan berbasis daging. sumber