Home » » SEO GRATIS UNTUK OPTIMALKAN WEBSITE BISNIS ANDA

SEO GRATIS UNTUK OPTIMALKAN WEBSITE BISNIS ANDA

Written By Ratiz On on Senin, 05 November 2012 | 06.49


Banyak pelaku internet marketing atau tulisan di internet yang membahas tentang pentingnya Search Engine Optimization (SEO) agar sebuah website dapat berada di peringkat 10 Besar search engine. Bagi orang awam yang membaca hal ini, sebagian diantaranya merasa bahwa mereka sama sekali tidak tahu tentang SEO. Bahkan ada juga yang sudah mempelajari sedikit-sedikit, tetap merasa bahwa teknik SEO yang sudah mereka baca tetaplah samar atau tidak meyakinkan bagi mereka untuk diterapkan. Rekan, berikut ini adalah trik tips SEO gratis dan konkret untuk anda yang mengelola website bisnis.

  1. Pastikan bahwa halaman-halaman website anda yang sangat penting, mudah terlihat oleh pengguna internet dan search engine bot. Jangan letakkan halaman penting anda di dropdown menu yang belum tentu semua orang melihatnya. Jika memang terpaksa, setidaknya jangan letakkan hingga kedalaman ke 2 atau 3.
  2. Periksa apakah ada tautan-tautan terpasang di website anda yang ternyata mengalami kerusakan, baik itu salah ketik ataupun tautan mati (halaman yang dituju ternyata menghasilkan 404 error).
  3. Cari halaman-halaman website anda yang masih kurang dari 300 kata, tingkatkan jumlah kontennya lagi.
  4. Telusuri gambar dalam website anda satu persatu. Setiap gambar seharusnya memiliki deskriptif teks dalam bentuk ‘ALT’. Pembaca anda mungkin tidak membutuhkannya, namun search engine bot butuh ‘ALT’ ini untuk mengetahui apakah sebenarnya gambar yang sedang anda pajang. Selain search engine bot, ‘ALT’ ini juga cukup berguna ketika pengunjung anda memiliki disabilitas pada penglihatannya dan mengakses website menggunakan bantuan alat screen reader.
  5. Periksa konten-konten website anda. Pastikan bahwa anda sudah menggunakan keyword-keyword yang memang digunakan oleh pengguna search engine.
  6. Periksa judul tiap halaman website. Pastikan anda tidak membuat judul yang sama untuk tiap halaman, agar tidak ditandai sebagai halaman duplikat oleh search engine. Buat judul halaman ini sedeskriptif mungkin. Judul halaman yang dimaksudkan oleh website Peringkat Web ini adalah yang tertera di bagian atas browser anda.
  7. Jika Content Mangement System anda cukup SEO friendly, manfaatkan kotak isian meta description. Ini adalah bagian paling utama dari halaman website anda yang berfungsi sebagai Call To Action (CTA). Meta description ini tidak terlihat oleh pengunjung website anda, namun terlihat pada saat mereka mencari sesuatu di search engine.
  8. Upayakan untuk tidak memasang tautan/link ke website lain terlalu banyak. Pilih hanya seperlunya saja, yang memang memberikan manfaat bagi website anda, sebab pemasangan link ke luar (baca: website lain) terlalu banyak berpotensi website anda dianggap sebagai web spam.
  9. Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan, kini saatnya anda berupaya mempromosikan tiap-tiap halaman penting yang ada di website bisnis anda. Halaman mana saja yang anda inginkan untuk dikunjungi sebanyak-banyaknya oleh pengguna internet itulah yang harus anda promosikan. Halaman yang anda inginkan untuk muncul di peringkat teratas hasil pencarian search engine inilah yang harus anda promo. Ajak rekan-rekan anda di Facebook untuk menandai ‘Like’ pada halaman anda. Ajak follower twitter anda untuk me-retweet kicauan anda tentang halaman web yang anda buat. Ini sangat bermanfaat sebagai sinyal sosial yang merupakan salah satu faktor SEO. Banyak pakar internet marketing yang menyarankan cara promosi lebih rumit daripada ini, namun dalam hemat pengalaman saya saat ini, untuk banyak kata kunci bisnis di Indonesia, anda masih punya peluang untuk melakukan cara promosi sederhana ini.
9 Cara SEO Gratis diatas tidak ada yang susah bukan? Sekarang saatnya anda bekera mewujudkannya, sebab tidak ada satupun tips SEO yang berfungsi dengan baik untuk website anda hanya dengan anda membacanya. sumber