Home » » INILAH 5 ROBOT BINATANG YANG UNIK DI DUNIA

INILAH 5 ROBOT BINATANG YANG UNIK DI DUNIA

Written By Ratiz On on Minggu, 21 Oktober 2012 | 17.30

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Namun robot dalam list 5 Besar Robot Binatang Unik Dunia ini berbeda dari robot lain secara umum. Mereka khusus dibuat berbentuk binatang dan kebanyakan dibuat untuk hiburan semata. Berikut ulasannya

1. Robot Anjing Aibo


Robot Aibo kecil ini mempunyai perilaku mirip bayi binatang sungguhan. Dia bisa belajar mengenali lingkungannya, bermain, dan berkomunikasi dengan manusia atau dengan robot-robot Aibo yang lain. Robot anak anjing kecil itu diprogram oleh peneliti Sony, Pierre-Yves Oudeyer dan Frederic Kaplan dengan memberi dua software pengendali mekanis. Pertama, sistem low-level untuk mempelajari level rendah yang mengendalikan perilaku sederhana. Misalnya, bagaimana sebuah tendangan bola menyebabkan robot Aibo kecil itu melangkah berpindah tempat. Yang kedua, sistem meta-level untuk mempelajari hal-hal yang lebih rumit, dikendalikan oleh dorongan “perasaan”-nya.

2. Robo-Fish


Sebuah penemuan baru, robot ikan, pertama kali dikembangkan oleh ilmuwan Inggris, yang telah dirilis di laut utara Spanyol untuk mendeteksi polusi. Jika hasil percobaan lima robot ikan pertama yang berenang di laut utara Spanyol, di Gijon berhasil, maka team ilmuwan berharap robot-robot ikan tersebut dapat dimanfaatkan juga untuk di sungai, danau, dan laut di seluruh dunia. Robot berbentuk ikan sejenis ikan air tawar tersebut dijual dengan harga 20,000 pounds atau $29,000 per ekor. Sementara itu, mimic muka dan pergerakannya juga dibuat sama dengan ikan yang sesungguhnya, dan dilengkapi dengan sensor kimia untuk mencium polutan yang berbahaya, seperti kapal besar pengangkut barang yang mengalami kebocoran atau pipa di bawah air.

3. Robot Beruang Riba


perusahaan pembuat robot RI-MAN telah mampu menciptakan sebuah robot yang mampu mengangkat dan mengangkat beban seberat ukuran manusia dewasa sekalipun. Dengan tampilan model yang terbaru ini, robot yang bernama RIBA (Robot for Interactive Body Assistance) ini dirancang seperti seekor beruang yang imut yang tidak dilengkapi dengan gigi dan cakar yang khas . Meskipun berpenampilan seperti binatang beruang, namun robot ini mampu mengangkat beban dengan sangat lembut dan menyenangkan sehingga Anda tak perlu takut dan khawatir saat digendong.

4. Air Jelly


Air Jellies atau disebut juga ‘AirJellies‘,adalah sebuah robot ubur – ubur yang mampu melayang di udara. AirJellies memiliki kemampuan dan sifat yang sama dengan ubur – ubur yang kita jumpai di laut. Robot buatan Festo Automation Germany ini dapat melakukan gerakan yang terorganisir secara bersama – sama dalam satu kelompok dan menyerang targetnya.

5. Spider-bot


Sekalipun cuma robot dan tak menyengat, spider bot memang diciptakan sebagai mainan yang seram. Robot ini digerakkan oleh micro controller Axon, yang mana membuat robot kecil ini mampu mengangkat beban 2 kali dari berat tubuhnya. Aplikasi yang digunakan pada robot ini kabarnya akan digratiskan, aplikasi ini juga yang memungkinkan gerakan pada robot laba-laba ini sehingga bisa secara sinkron menggerakkan enam kakinya secara bersamaan layaknya laba-laba asli. Tambahan fitur untuk berikutnya adalah meletakkan sensor pada kaki dan menghubungkannya pada remote control.

sumber