Home » » 6 GALAKSI SPIRAL YANG PALING SPEKTAKULER

6 GALAKSI SPIRAL YANG PALING SPEKTAKULER

Written By Ratiz On on Rabu, 31 Oktober 2012 | 18.28

Enam galaksi spiral spektakuler terlihat dalam cahaya baru jelas dalam gambar dari Teleskop ESO Very Large (VLT) di Paranal Observatory di Chile. Gambar-gambar yang diambil dalam cahaya inframerah, menggunakan kekuatan yang mengesankan dari kamera HAWK-I untuk membantu para astronom memahami bagaimana pola spiral yang luar biasa di galaksi terbentuk dan berevolusi. Dari kiri ke kanan galaksi NGC 5427 adalah, Messier 100 (NGC 4321), NGC 1300, NGC 4030, NGC 2.997 dan NGC 1232. (Kredit: ESO / P. Grosbøl) 

Enam galaksi spiral spektakuler terlihat dalam cahaya baru yang jelas dalam gambar dari Teleskop ESO Very Large (VLT) di Paranal Observatory di Chile. Gambar-gambar yang diambil dalam cahaya inframerah, menggunakan kekuatan yang mengesankan dari kamera HAWK-I, dan akan membantu para astronom memahami bagaimana pola spiral yang luar biasa di galaksi terbentuk dan berevolusi. ELANG-I adalah salah satu kamera terbaru dan paling kuat di Telescope ESO Very Large (VLT).

Hal ini sensitif terhadap cahaya inframerah, yang berarti bahwa banyak debu menutupi di lengan spiral galaksi 'menjadi transparan untuk detektor yang . Dibandingkan dengan sebelumnya, dan masih banyak digunakan, VLT inframerah kamera ISAAC, ELANG-I memiliki enam belas kali lebih banyak piksel untuk menutupi area yang jauh lebih besar dari langit dalam satu tembakan dan, dengan menggunakan teknologi yang lebih baru daripada ISAAC, ia memiliki sensitivitas yang lebih besar radiasi inframerah samar.

Karena ELANG-aku bisa belajar galaksi dilucuti telanjang efek membingungkan gas debu dan bercahaya sangat ideal untuk mempelajari sejumlah besar bintang yang membentuk lengan spiral. Keenam galaksi merupakan bagian dari studi struktur spiral yang dipimpin oleh Preben Grosbøl di ESO. Data ini diperoleh untuk membantu memahami cara yang rumit dan halus di mana bintang-bintang dalam sistem ini terbentuk menjadi seperti pola spiral yang sempurna.

Gambar pertama menunjukkan NGC 5247, sebuah galaksi spiral yang didominasi oleh dua lengan besar, terletak 60-70 juta tahun cahaya jauhnya. Galaksi terletak face-on menuju Bumi, sehingga memberikan pandangan yang sangat baik dari struktur pinwheel nya. Itu terletak di konstelasi zodiak Virgo (Maiden). 

Galaksi di gambar kedua adalah Messier 100, juga dikenal sebagai NGC 4321, yang ditemukan pada abad the18th. Ini adalah contoh yang baik dari sebuah galaksi "grand design" spiral - kelas galaksi dengan lengan spiral yang sangat menonjol dan didefinisikan dengan baik. Sekitar 55 juta tahun cahaya dari Bumi, Messier 100 merupakan bagian dari Cluster Virgo galaksi dan terletak di konstelasi Coma Berenices (Rambut Berenice, yaitu setelah ratu Mesir kuno Berenice II).

Gambar ketiga adalah NGC 1300, sebuah galaksi spiral dengan tangan membentang dari ujung bar sentral spektakuler menonjol. Hal ini dianggap sebagai contoh prototipikal dari galaksi spiral dilarang dan terletak pada jarak sekitar 65 juta tahun cahaya, di konstelasi Eridanus (Sungai). Galaksi spiral pada gambar keempat, NGC 4030, terletak sekitar 75 juta tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Virgo.

Pada tahun 2007 Takao Doi, astronot Jepang yang merangkap sebagai seorang astronom amatir, melihat sebuah supernova - ledakan bintang yang singkat hampir seterang galaksi inangnya - pergi di galaksi ini. Gambar kelima, NGC 2997, adalah galaksi spiral sekitar 30 juta tahun cahaya di konstelasi Antlia (Pompa Air). NGC 2.997 adalah anggota cemerlang dari sekelompok galaksi dengan nama yang sama dalam supercluster Lokal galaksi. Kelompok lokal kita sendiri, yang Bima Sakti adalah anggota, itu sendiri juga bagian dari supercluster Lokal.

Last but not least, NGC 1232 adalah galaksi yang indah sekitar 65 juta tahun cahaya di konstelasi Eridanus (Sungai). Galaksi ini diklasifikasikan sebagai galaksi spiral intermediate - suatu tempat antara dilarang dan galaksi spiral membuka palang. Sebuah gambar dari galaksi dan kecil pendamping galaksi NGC 1232A dalam cahaya tampak adalah salah satu yang pertama diproduksi oleh VLT (eso9845).

ELANG-I kini telah kembali ke NGC 1.232 untuk menunjukkan pandangan yang berbeda itu pada panjang gelombang inframerah. Sebagai galeri ini galaksi menjelaskan, ELANG-I memungkinkan kita melihat struktur spiral di enam galaksi terang secara rinci indah dan dengan kejelasan yang hanya dimungkinkan dengan mengamati dalam inframerah.

sumber