Home » » LSI (LEMBAGA) : KECEWA FOKE , WARGA PILIH JOKOWI

LSI (LEMBAGA) : KECEWA FOKE , WARGA PILIH JOKOWI

Written By Ratiz On on Kamis, 20 September 2012 | 18.00

Lembaga Survei Indonesia (LSI) membeberkan alasan mengapa warga Jakarta lebih memilih pasangan Jokowi-Ahok ketimbang pasangan Foke-Nara. Menurut Direktur Eksekutif Komunikasi LSI, Burhanudin Muhtadi kekecewaan warga pada Foke yang membuat Jokowi terpilih. Evaluasi kepada incumbent, kata dia, lebih kuat daripada urusan agama dan etnis. "Yang paling kuat menjelaskan adalah evaluasi kepemimpinan Foke," ujar Burhan. Akan halnya Jokowi, Burhan melanjutkan, menunggangi ketidakpuasan masyarakat atas Foke.

Jokowi menjadi harapan baru, meski masyarakat tahu Jokowi belum tentu bisa menyelesaikan masalah. "Sementara Foke sudah kehabisan harapan," kata Burhanudin di Gedung LSI, Kamis 20 September 2012. Namun, jika Jokowi gagal, kata Burhanudin, Jokowi akan menghadapi masalah yang sama dengan Foke. Juga akan ada masa bulan madu antara pemilih dan Jokowi.

 "Bulan madu ini akan cepat selesainya, di situlah Jokowi akan menghadapi realitas. Kalau gubernur gagal menaklukan mereka, maka pemilih Jokowi saat ini bisa menjadi pemprotes pertama," kata dia. Sementara untuk jabatan barunya ini, kata Burhanudin, Jokowi akan menemukan masalah berat. Dia mengibaratkan masa kampanye sebagai masa berpuisi bagi kandidat.

 "Untuk mengubah puisi jadi prosa, yaitu kemacetan, transportasi, itu tidak mudah seperti yang dikoar-koarkan," ujar Burhanudin. Jokowi-Ahok akan segera menghadapi beragam persoalan penting bagi warga ibukota itu. vivanews