Home » » 5 HAL YANG BISA MEMBUAT PERTENGKARAN SUAMI-ISTRI

5 HAL YANG BISA MEMBUAT PERTENGKARAN SUAMI-ISTRI

Written By Ratiz On on Selasa, 11 September 2012 | 07.28


Perdebatan akan selalu ada dalam setiap kehidupan rumah tangga. Namun ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa hal yang justru membuat pertengkaran semakin 'panas'. Seperti yang dikutip dari your tango, berikut lima hal yang perlui dihindari saat berdebat dengan suami.

1. Tak Mengetahui Masalah Sesungguhnya
Perbedaan pendapat yang berakhir dengan debat hebat biasanya terjadi karena kedua pasangan kurang mengenali apa masalah sesungguhnya. Walau hal ini normal terjadi, namun bisa membuat masalah melebar ke mana-mana. Cobalah mengenali dan tentukan batasan permasalahan, dengan begitu solusi dari konflik pun sudah ditemukan 50 persen.

2. Waktu yang Tidak Tepat
Pemilihan waktu merupakan salah satu hal penting yang patut dipertimbangkan jika Anda dan suami ingin membahas masalah. Waktu yang tepat mencakup segala aspek, mulai dari pemilihan jam hingga fisik pasangan. Mendiskusikan masalah saat tubuh sedang lelah aau saat suami asyik dengan game favoritnya, hanya akan membuat Anda semakin kesal dan perdebatan hebat bisa tak terhindari.

3. Hanya Berpikir Tentang 'Aku' Bukan 'Kita'
Setelah menikah, tidak sedikit orang yang terus berpikir tentang dirinya saja. Dia seolah lupa kalau kini statusnya adalah suami atau istri orang lain. Saat berpikir tentang 'aku', mereka cenderung fokus pada hal-hal yang memang menguntungkan diri sendiri. Padahal belum tentu hal tersebut juga bermanfaat untuk pasangan atau malah merugikan.

4. Membentak Pasangan
Saat Anda marah, biasanya intonasi suara saat berbicara juga akan meninggi. Membentak pasangan pun biasa terjadi ketika emosi sudah memuncak. Mengucapkan kalimat dalam kondisi emosi juga semakin membuat suasana semakin panas. Kalimat yang Anda sampaikan juga belum tentu diterima dengan baik oleh suami. Dia malah bisa salah paham atau cepat lupa dengan kalimat Anda yang sebenarnya mengandung pesan itu. Pasangan yang marah karena dibentak akan bersikap defensif dan stres ketimbang responsif dan memahami perkataan Anda.

5. Meninggalkan Pasangan Saat Debat
Peneliti dari University of Michigan menemukan bahwa pasangan yang beradu argumentasi, di saat yang satu berusaha mencari solusi, sedangkan pasangannya justru meninggalkannya bisa mengakibatkan perceraian. "Pasangan yang menangani konflik secara konstruktif menganggap kebiasaan pasangannya yang menarik diri (dari konflik) sebagai kebiasaan buruk dalam berhubungan daripada (melihatnya sebagai) upaya untuk mendinginkan (situasi)," ujar Kira Birditt, PhD, salah satu peneliti di University of Michigan.

sumber