Home » » FENGSHUI : SUDUT YANG 'BERHANTU'

FENGSHUI : SUDUT YANG 'BERHANTU'

Written By Unknown on Rabu, 23 Mei 2012 | 06.53


Pada bangunan rumah yang tidak dihuni, sudah rusak tanpa perbaikan, atau bentuknya menyeramkan, kadang-kadang terjadi penampakan-penampakan yang bisa dilihat oleh orang yang menghuni atau pengunjung rumah itu. Bagaimana fengshui menjelaskan fenomena ini?

Menurut ilmu fengshui, istilah ‘hantu’ tidak dikenal, tetapi gejala seperti itu dalam fengshui dijumpai. Yang ada adalah istilah akumulasi (penumpukan) energi yin. Sebelumnya perlu diketahui bahwa energi fengshui yang lebih populer disebut chi (ada yang menyebut napas naga), terbagi menjadi dua macam, yaitu energi yang dan energi yin.

Pengelompokan tersebut berkait dengan penemuan delapan trigram yang disebut ba gua. Trigram yaitu komposisi tiga garis yang bisa terdiri atas garis lurus (yang = __ ) dan garis putus-putus (yin = - - ). Delapan trigram ini ditemukan oleh fu xi. Jika pada sebuah trigram ada satu atau tiga garis yang, maka disebut trigram yang. Sedangkan jika pada sebuah trigram ada satu atau tiga garis putus-putus, maka disebut trigram yin. Setiap trigram memiliki nomor seperti terlihat pada tabel.

8 Trigam
4 Trigram berenergi yang ( nomor 8, 1, 4, 6 )
4 Trigram berenergi yin ( nomor 2, 4, 9, 7 )

Trigram yang masing-masing memiliki nomor yang mewakili jenis energi chi yang terpakai dalam fengshui ‘bintang terbang’ (atau fei xing). Dalam metoda fei xing, terdapat komposisi bintang-bintang energi ini.

Menurut Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo dari Feng Shui School Indonesia, setiap sektor dalam lingkaran terdapat tiga angka bintang. Struktur atau komposisi bintang-bintang tersebut terbentuk berdasarkan arah hadap pintu bangunan masing-masing yang disebut pintu Ming Tang.

Apabila energi-energi yin ini berkumpul pada satu atau dua sektor di dalam rumah dan terpicu oleh energi yin di luar rumah (misalnya sungai, tumpukan sampah, pepohonan pisang, rumah sakit, kuburan, dan sebagainya) maka fenomena rumah hantu ini akan terjadi. Salah satu contoh adalah denah rumah yang ada.

"Rumah ini terletak pada sudut jalan, rumah menghadap ke selatan memiliki pola fengshui seperti terlihat pada gambar di atas. Jalan yang membatasi ada di sisi barat dan selatan. Bagian belakang rumah ada beberapa kamar yang tidak pernah digunakan dan selalu dalam keadaan tertutup." kata Mauro.

Sungai yang menjadi ‘trigger’ bagi energi negatif, yaitu yang terletak pada sektor timur laut (7, 9, 2), sektor utara (9, 7, 4) serta pada sektor barat laut (2, 9) semuanya merupakan energi yin, maka fenomena penampakan (‘hantu’) terjadi yang sering tampak pada ketiga sektor rumah ini.

sumber
Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang