Home » » BERGABUNG DENGAN SURVEY ONLINE

BERGABUNG DENGAN SURVEY ONLINE

Written By Unknown on Jumat, 21 Januari 2011 | 23.55

Hampir dipastikan, bahwa setiap perusahaan yang menjual jasa atau barang akan melakukan survey untuk melihat potensi pasarnya, kepuasan konsumen, dan banyak hal lain yang dilakukan agar bisnisnya bisa tetap eksis. Jutaan dollar dihabiskan untuk membiayai riset agar prosuk atau jasa yang ditawarkan dapat memuaskan konsumennya.


Kondisi ini membuka peluang bagi siapa saja yang bersedia dan bisa berpartisipasi dalam riset tersebut dengan menjadi responden. Untuk menjadi responden, seseorang bisa mendaftarkan dirinya untuk melakukan survey, focus group, atau secret shoppers. Point, voucher, atau dollar, adalah reward atau imbalan yang umum diberikan oleh perusahaan-perusahaan tersebut pada responden onlinenya.

Sebelum mengikuti survey, sebaiknya perlu mempelajari beberapa hal berikut, karena "kesuksesan" menjadi responden akan ditentukan setidaknya, oleh :
  1. Banyaknya Perusahaan Riset Yang Anda Ikuti. Semakin banyak perusahaan riset yang diikuti, semakin besar pula peluang yang akan didapatkan. Jika hanya puluhan yang diikuti, kecil pula kemungkinan bisa mendapatkan profit dari aktivitas ini.
  2. Kesesuaian Profil Responden. Kendati sudah mendaftarkan diri di banyak situs riset, hal ini belum bisa menjamin bakal dilibatkan dalam riset tersebut. Sebab, masing-masing riset atau perusahaan riset memiliki persyaratan-persyaratan yang berbeda bagi respondennya. Sebagai contoh, Anda tidak akan dilibatkan dalam survey jika jenis kelamin Anda adalah laki-laki, sementara yang dibutuhkan jenis kelamin perempuan.
  3. Waktu Yang Anda Luangkan Untuk Riset. Sebisa mungkin, Anda harus selalu siap untuk melakukan tugas-tugas sebagai seorang responden. Ini mutlak dilakukan, karena riset biasanya memiliki tanggal deadline yang harus ditepati sebelum tanggal waktu tersebut habis. Karena itu rajin-rajinlah login atau membuka e-mail.
  4. Mendesak-Tidaknya Survey. Survey yang lebih mendesak biasanya akan menawarkan imbalan yang lebih besar.
  5. Panjang Pendeknya Survey. Semakin banyak pertanyaan atau isian yang harus dijawab, biasanya memberikan imbalan yang lebih besar.
  6. Faktor Keberuntungan. Tidak semua perusahaan riset meberikan imbalan kepada mereka yang terlibat. Kadang, perusahaan akan memberikan tanda terima kasih dengan cara mengundi untuk menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan imbalan. Sebagai contoh, situs www.npdor.com akan mengundi setiap bulannya anggota yang beruntung. Karena itu, rajin-rajinlah untuk mengunjungi situs, karena siapa tahu Anda berhak atas hadiah tersebut.

LANGKAH UNTUK IKUT SURVEY ONLINE

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa bergabung menjadi responden riset online, yaitu :
  • Buat Email Khusus. Memiliki alamat email adalah keharusan bagi mereka yang terbiasa dengan aktivitas di internet. Kendati demikian, disarankan membuat email khusus untuk riset. Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa email yang masuk ke dalam inbox Anda adalah berasal dari situs riset di mana Anda sudah terdaftar.
  • Gunakan Software Otomatis. Bayangkan, apabila Anda mendaftarkan diri pada 100 perusahaan riset dan harus mengisi form isian yang sama (misal : nama, umur, alamat, negara dll). Pekerjaan ini tentu akan sangat membosankan sekaligus melelahkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan software yang akan mengisi form yang sama secara otomatis. Form ini akan mengisi data secara otomatis di semua situs, sehingga Anda tidak perlu mengetik ulang data jika terdapat kolom isian yang sama. Cara ini bukan keharusan, tetapi akan mempercepat dan mempermudah Anda dalam mengisi form-form yang ada pada halaman survey. Ada beberapa software yang bisa digunakan, diantarnay : www.roboform.com atau www.wavget.com/dltypeitin.html. Untuk membuat databasenya, Anda bisa klik kanan, lalu klik NEW GROUP. Untuk membuat tombol, klik kanan lalu pilih New Button. Jika data sudah lengkap, Anda tinggal mengisi kolom-kolom isian dengan klik tombol-tombol tersebut. Atau bisa juga lewat situs www.wavget.com/dladwizard.html
  • Mendaftar Survey. Mendaftarlah survey online pada alamat-alamat yang akan di posting di bawah ini.
Alamat Situs Yang Menjadi Andalan Survey Online  
            
Cloap Program Affiliasi - Cara Mudah cari uang