Home » » TERNYATA UKURAN PAYUDARA IBU BISA PREDIKSI JENIS KELAMIN ANAK?

TERNYATA UKURAN PAYUDARA IBU BISA PREDIKSI JENIS KELAMIN ANAK?

Written By Ratiz On on Jumat, 15 Maret 2013 | 21.21

Ketika seorang wanita hamil, jenis kelamin calon bayi kerap menjadi tanda tanya. Ada berbagai cara untuk menduga jenis kelamin, salah satunya dari ukuran payudara. Semakin besar payudara, anak yang dilahirkan kemungkinan anak perempuan.


Sebuah mitos yang banyak terdengar, jenis kelamin bayi bisa terlihat dari tingginya perut sang ibu. Jika semakin tinggi bayinya laki-laki.

Dan ada cara yang sering dilakukan orang untuk memastikannya adalah dengan USG. Dalam sebuah buku terbaru 'Do Chocolate Lovers Have Sweeter Babies?', Jurnalis Jena Pincott memanfaatkan penelitian medis untuk menjawab misteri terbesar soal kehamilan, termasuk jenis kelamin bayi.

Wanita dengan payudara lebih besar selama kehamilan cenderung mengandung anak perempuan. Ukuran payudara ibu hamil anak perempuan itu rata-rata meningkat 8 sentimeter (cm). Sedangkan, ibu yang hamil anak laki-laki , ukuran payudaranya meningkat rata-rata 6,3 cm.

Seperti dikutip dari LiveScience, Kamis (7/3/2013), janin anak laki-laki menghasilkan lebih banyak testosteron, sehingga sang ibu memerlukan lebih banyak energi dan kondisi ini bisa menekan pertumbuhan payudara.

Dalam buku yang sama, Pincott menjelaskan morning sickness mungkin menjadi hal yang baik, karena mencegah wanita makan makanan yang berpotensi membawa racun. Pada teori perlindungan embrio mengungkapkan alasan 75 persen wanita mengalami mual, muntah, enggan makan karena baunya.

Yang mengherankan, wanita yang makan jagung sebagai makanan pokoknya kemungkinan morning sicknessnya sedikit. Soalnya, jagung tingkat racun alaminya sangat sedikit. Dan yang paling menarik dari buku itu menyebutkan pria dengan saudara laki-laki cenderung memiliki anak laki-laki, sedangkan pria dengan saudara perempuan memiliki anak perempuan.

Pola ini ditemukan pada pria tetapi tidak pada wanita. Sperma ayah menentukan jenis kelamin keturunannya. Sementara wanita selalu menyediakan kromosom X pada anak di telurnya, sperma yang membuahi sel telurnya menyediakan kromosom X kedua untuk seorang gadis (XX), atau kromosom Y untuk anak laki-laki (XY).

Di seluruh dunia, ada sekitar 107 anak laki-laki yang dikandung setiap 100 wanita hamil, karena usia tua, stres, tahap dalam siklus ovulasi ibu dan faktor lainnya. Cara yang paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin janin yang sedang berkembang dan berisiko kecil keguguran dengan menggunakan USG.

Tapi mengetahui jenis kelamin bayi bisa akurat jika dilakukan sebelum 18 minggu kehamilan. Sebuah studi 2011 dari Journal of American Medical Association mengungkapkan bahwa tes menganalisis DNA janin dari darah ibu setelah tujuh minggu bisa akurat mengidentifikasi janin laki-laki sekitar 95 persen dan janin perempuan sekitar 98 persen.

Sumber : http://ladjunewsonline.blogspot.com/2013/03/ternyata-ukuran-payudara-ibu-bisa.html#ixzz2NcNg74dF