Home » , » MODAL RP 500 RIBU RAUP LABA PULUHAN JUTA DI BISNIS AKSESORIS

MODAL RP 500 RIBU RAUP LABA PULUHAN JUTA DI BISNIS AKSESORIS

Written By Ratiz On on Minggu, 24 Maret 2013 | 17.38

Liliek Setiawan tidak pernah menyangka hobinya membuat aksesoris untuk mengisi hari tua rupanya bisa membawanya ke bisnis dengan laba puluhan juta rupiah per bulan. Padahal, modal Liliek saat pertama kali menekuni bisnis ini hanya Rp500 ribu.


Liliek mempunyai tangan yang kreatif. Awalnya pada 2010 lalu, ia hanya coba-coba membuat aksesoris dari bahan akrilik dan kain perca.

Perlahan, hobinya ini dilirik teman-teman arisan dan pengajian. "Tadinya hanya untuk sendiri tapi banyak teman yang memesan akhirnya saya berniat untuk menjualnya," kata Liliek Setiawan, kepada VIVAnews beberapa waktu lalu.

Saat pemesanan mulai banyak, ia menggandeng ibu-ibu dan remaja putri di sekitar rumahnya untuk ikut membuat berbagai pernak-pernik, mulai dari bros, bunga palsu hingga tas.

Namun jika pesanan lagi sepi, Liliek hanya dibantu dua orang pegawainya. "Lumayan, bisa untuk menambah uang jajan," katanya. Liliek menjual berbagai produknya dengan harga bervariasi, dari bros antara Rp3.000-Rp15.000 per satuan, setangkai bunga palsu Rp15.000-Rp40.000 per buah dan tas genggam seharga Rp200 ribu-300 ribu.

Harga ditentukan dari bahan baku kerajinan tangan. Keunggulan dari kerajinan tangan Liliek adalah, semua produk dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Semakin banyak jumlah produk yang dipesan konsumen maka harga yang ditawarkan akan lebih murah.

Usaha Liliek berbuah manis, dengan menggunakan nama Zidy Handycraft, ia rajin mengikuti berbagai pameran. Hasilnya, produknya telah tersebar ke seluruh Indonesia. Saat ini, Liliek berencana untuk menembus pasar ekspor. "Sudah ada pembeli dari Balikpapan, Banjarmasin.

Ada yang dari Sumatera, Kalimantan, bahkan ada yang dari NTB (Nusa Tenggara Barat). Saya belum sampai di pasar internasional, tapi saya punya rencana untuk ke sana," kata dia.

Kini, Liliek tinggal memetik manisnya buah yang ia tanam. Dari modal awal hanya Rp500 ribu, telah berkembang dengan berhasil meraup keuntungan Rp20-30 juta per bulan. "Dari modal awal Rp500 ribu berkembang menjadi Rp1-5 juta, pokoknya jalan saja bisnisnya.

Keuntungan saat ini rata-rata Rp20-30 juta per bulan," katanya. Selain itu, Liliek juga tidak pelit ilmu. Ia membuka pintu bagi siapa saja yang ingin belajar membuat bros, bunga, dan tas kepadanya dan itu tanpa dipungut biaya.

Dia mengaku pernah menerima kedatangan mahasiswa dari universitas swasta yang belajar kepadanya. Jika tertarik untuk membeli produk Zidy Handycraft, Anda bisa langsung datang ke rumahnya di Perumahan Mutiara Gading Timur, Jalan Bangka Blok B3 No. 21, RT 10/RW 01, Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Bekasi Timur. Anda juga bisa memesannya lewat email lili170setiawan@gmail.com.

sumber