Home » » CARA MENJAGA DIET SAAT LIBURAN

CARA MENJAGA DIET SAAT LIBURAN

Written By Ratiz On on Minggu, 30 Desember 2012 | 10.34


Libur telah tiba! Inilah saatnya Anda menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman setelah sekian lama menahan diri karena kesibukan bekerja di kantor. Namun, liburan akan menjadi 'berbahaya' karena banyak sekali godaan makanan-makanan lezat yang ada di sekitar Anda.

Namun tenang saja, Anda tetap dapat menyelamatkan program diet Anda dengan selalu mengonsumsi makanan sehat secara teratur dan tetap melakukan latihan rutin sepanjang musim liburan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara-cara yang bisa Anda tiru seperti yang dikutip Southbeachdiet.

Mulai Hari Anda dengan Sarapan yang Tepat 
Diet harus selalu diimbangi dengan menu makanan yang tidak hanya sehat, tetapi juga teratur. Sarapan pagi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan energi di pagi hari dan menghindari makan berlebih di siang harinya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi akan memiliki kecenderungan yang buruk dalam mengonsumsi makanan secara berlebihan di waktu-waktu selanjutnya. Sarapan yang baik harus mengandung protein dan serat. Keduanya dapat menstabilkan gula darah dan membuat perut Anda 'bertahan' hingga siang hari. Anda dapat memulai hari dengan menikmati sarapan telur dadar yang dibuat dengan sayur cincang, keju rendah lemak, atau tambahan ikan salmon. Bisa juga mengonsumsi yoghurt bebas lemak dengan blueberry dan almond yang diiris tipis sebagai campurannya.

Makan sebelum pesta 
Makan sebelum pesta adalah cara lain untuk menjaga diet Anda tetap terkontrol. Pilihlah makanan ringan yang kaya akan protein untuk dikonsumsi, seperti beberapa irisan dada ayam yang dicampur dengan yoghurt rendah lemak, dan karbohidrat yang kaya serat seperti makanan olahan gandum. Strategi ini dapat Anda gunakan untuk menjaga kadar gula berlebih dan tentu saja dapat mencegah Anda untuk mengendalikan nafsu makan yang tak terkendali saat sedang berada di pesta tersebut.

Mengevaluasi dan Memilih Makanan 
Sebelum Anda mengambil piring, hal yang harus Anda lakukan adalah survei lokasi. Dengan begitu, Anda akan mengetahui makanan apa saja yang akan dipilih. Anda juga harus pintar-pintar memilih jenis makanan yang dibuat dengan bahan-bahan yang sehat. Carilah daging tanpa lemak, makanan laut atau sayuran sehat, serta makanan dengan olahan gandum. Pastikan Anda menghindari hidangan yang sarat dengan keju, makanan yang dilapisi dengan saus krim atau karbohidrat buruk seperti tepung dan gula putih. Pastikan Anda mengambil porsi yang wajar. Jika makanan telah tersedia di masing-masing piring, pilihlah piring yang berukuran lebih kecil dari yang lainnya.

Hindari Alkohol 
Bagi sebagian orang, merayakan malam pergantian tahun baru akan lebih semarak jika sambil menikmati alkohol, tapi apakah Anda tahu bahwa hal tersebut justru dapat merusak diet Anda? Diet yang sehat adalah mengonsumsi makanan tanpa kandungan alkohol. Wanita harus membatasi minuman beralkohol untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Anda dapat mengganti alkohol dengan soda manis atau sirup sederhana yang dicampur dengan buah-buahan. Itu lebih menyehatkan, bukan?

Menikmati Makanan Penutup 
Menikmati hidangan penutup dalam sebuah pesta tentu saja menjadi hal yang sangat menyenangkan. Anda pun dapat mencicipi beberapa dessert yang tersedia di meja namun, tentu saja dengan porsi yang harus diatur. Anda cukup mengambil dessert dengan porsi yang kecil dan menikmatinya secara perlahan. Dengan hanya 3 gigitan kecil dan diam beberapa menit, Anda akan merasa kenyang.

sumber