Home » » MENGINTIP ISLAM DI NEGARA CHINA

MENGINTIP ISLAM DI NEGARA CHINA

Written By Ratiz On on Sabtu, 06 Agustus 2011 | 11.27


RRC ialah negara terbesar ke-4 di dunia dan dan mencakup daratan yang luas. Di timur, bersama dengan pantai Laut Kuning dan Laut Cina Timur, ditemukan luas dan padat yang ditempati lapangan tanah baru; pesisir Laut Cina Selatan lebih bergunung-gunung dan Cina bagian selatan didominasi daerah berbukit dan jajaran gunung yang lebih rendah. Di bagian tengah timur ditemukan delta 2 sungai utama Cina, Huang He dan Chang Jiang. Sungai-sungai utama lainnya ialah Xi Jiang, Mekong, Brahmaputra dan Amur.

Ke barat, jajaran gunung yang utama, khususnya Himalaya dengan titik tertinggi di Cina Gunung Everest, dan ciri-ciri plato tinggi di antara bentang daratan yang lebih kering dari gurun seperti Takla-Makan dan Gurun Gobi. Sebab kemarau panjang dan barangkali pertanian yang rendah membuat badai debu telah menjadi biasa dalam musim semi di Cina. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Cina, Gurun Gobi telah dikembangkan dan merupakan sumber utama badai debu yang mempengaruhi Cina dan bagian Asia Timur Laut lainnya seperti Korea dan Jepang. Pasir dari kawasan utara telah dilaporkan sampai ke pantai barat Amerika Serikat. Pengurusan air sungai (seperti penbuangan sisa tinja, pencemaran oleh kilang, dan ekstraksi air untuk irigasi dan minuman) dan penyusutan tanah bukit telah mengakibatkan dampak buruk pada negara lain.

Gallery Kehidupan Islam Di China :

Islam di Cina memiliki sejarah yang kaya. Cina memiliki beberapa tertua sejarah Islam , dating kembali sebagai awal 650 , Sa `ad bin Abi Waqqas , dikirim sebagai duta resmi untuk Kaisar Gaozong selama khalifah Utsman s ' era. Sepanjang sejarah Islam di Cina , Cina Muslim telah mempengaruhi jalannya sejarah Cina .


Menurut 'tradisional legendaris account Cina Muslim, Islam pertama kali dibawa ke Cina oleh kedutaan dikirim oleh Usman , yang ketiga Khalifah , di 651, kurang dari dua puluh tahun setelah kematian nabi Muhammad (SAW). kedutaan tersebut dipimpin oleh Sa `d bin Abi Waqqas , paman ibu dari nabi sendiri. Kaisar Gaozong , para Tang kaisar yang menerima utusan kemudian memerintahkan pembangunan masjid Memorial di Canton , masjid pertama di negara tersebut, di memori nabi.
Puhaddin Mausoleum complex in Yangzhou Puhaddin Makam kompleks di Yangzhou

Sementara sejarawan modern mengatakan bahwa tidak ada bukti untuk Waqqas sendiri pernah datang ke Cina, mereka percaya bahwa Islam diplomat dan pedagang datang ke Tiongkok dalam beberapa dekade dari awal Muslim Era . Tang Dinasti kosmopolitan The budaya, dengan kontak intensif dengan Asia Tengah dan masyarakat yang signifikan dari (awalnya non-Muslim) Pusat dan Barat penduduk di kota-kota Asia pedagang Cina, yang membantu pengenalan Islam. yang besar pertama Muslim permukiman di Cina terdiri dari Arab dan Persia pedagang. Selama Tang dan terutama Song era, relatif mapan, meskipun agak terpisah, masyarakat Muslim pedagang ada di kota-kota pelabuhan Guangzhou , Quanzhou , dan Hangzhou di tenggara pesisir China, serta interior pusat seperti Chang'an , Kaifeng , dan Yangzhou .

 Istilah Hui berasal dari bahasa Mandarin kata "Huihui," istilah yang pertama kali digunakan dalam Dinasti Yuan untuk menggambarkan Asia Tengah , Persia dan penduduk Arab di China.

Pada masa Dinasti Song , umat Islam telah datang untuk memainkan peran utama dalam impor / ekspor industri. Kantor Dirjen Pengiriman secara konsisten dipegang oleh seorang Muslim selama periode ini. Dalam 1070, Kaisar Song Shenzong mengundang 5.300 pria Muslim dari Bukhara , untuk menetap di Cina dalam rangka untuk menciptakan zona penyangga antara Cina dan Liao kerajaan di timur laut. Mereka dipimpin Pangeran Amir Sayyid "Jadi-fei-er" (nama Cina) yang terkenal sebagai yang disebut " ayah "masyarakat Muslim di Cina. Sebelum dia Islam yang ditunjuk oleh Tang dan Song Cina sebagai fa Dashi ("hukum orang Arab"). Dia nama menjadi Huihui Jiao ("Agama dari Huihui").


Kehidupan Islam sehari-hari di China : 











 [Dari berbagai sumber]
==========================================================